Kamis 13 Jul 2023 19:29 WIB

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Orang Tua Agar Keluarga Bisa Berkumpul Kembali di Akhirat

Orang tua bertanggungjawab besar menjaga anggota keluarga dari neraka

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi sekeluarga mengaji. Orang tua bertanggungjawab besar menjaga anggota keluarga dari neraka
Foto:

Kedua, orang tua harus menjaga kehalalan makanan, minuman, dan pakaian yang dikenakannya. Hal ini penting, agar semua doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT terkait kebaikan anak-anak tidak akan tertolak. Salah satu tertolaknya doa adalah lantaran mengonsumsi hal-hal yang diharamkan oleh syariah.

Lebih lanjut, Ustadz Agus menjelaskan, yang ketiga, dalam surah at-Tahrim ayat 6, Allah SWT juga memerintahkan orang-orang beriman agar menjaga diri mereka dan keluarga mereka dari api neraka. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”  

Pada saat ayat ini turun, Rasulullah SAW mengumpulkan seluruh keluarga besarnya dan meminta mereka untuk bisa melakukan kebajikan. Pasalnya, Rasulullah SAW sendiri pun tidak bisa menolak siksaan Allah SWT yang menimpa keluarganya sendiri.

Ustadz Agus pun menambahkan, keempat cara untuk menjaga keluarga dari api neraka adalah dengan mendidik agar mereka melaksanakan perintah dan dan menjauhi larangan Allah SWT. 

Baca juga: Ada 100 Juta Kerikil untuk Lempar Jumrah Jamaah Haji,  Kemana Perginya Seusai Dipakai?

Kemudian, kepala keluarga juga mendidik keluarganya untuk mengerjakan semua perintah Allah SWT. Untuk hal ini, Ustadz Agus menyebutkan riwayat yang diungkapkan Ibnu Abbas. 

"Ibnu Abbas berkata, 'Didiklah keluargamu agar taat kepada Allah, menjauhi larangan-Nya, dan nasihati mereka agar senantiasa ingat kepada Allah. Karena, dengan cara ini, mereka akan selamat api neraka, insya Allah.' Ini berdasarkan tafsir dari Ibnu Katsir," kata Ustadz Agus. 

 

Selain itu, kelima cara lain yang ditempuh agar keluarga bisa selamat dari api neraka dan menuju surga. Mulai menjauhkan rumah dari penyebab masuk neraka, seperti tontonan yang tidak mendidik, mendidik keluarga untuk tidak meniru perilaku orang-orang kafir, hingga menanamkan kecintaan kepada tempat-tempat yang disyariatkan untuk dicintai serta menanamkan keimanan kepada anak-anak lewat kisah-kisah nabi dan sahabat.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement