Jumat 30 Jun 2023 20:36 WIB

Nusantara Berqurban Lazisnu Jangkau Dhuafa dalam dan Luar Negeri

Lazisnu salurkan qurban hingga ke mancanegara

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Pedagang hewan qurban (ilustrasi).  Lazisnu salurkan qurban hingga ke mancanegara
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Pedagang hewan qurban (ilustrasi). Lazisnu salurkan qurban hingga ke mancanegara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—  Pendistribusian hewan dan daging qurban NU Care-LAZISNU menyasar warga duafa di Nusantara dan luar negeri. Ini tercapai melalui Program bertajuk Nusantara Berqurban, Qurban Membahagiakan.”  

Ketua Lazisnu PBNU, Habib Ali Hasan Al Bahar menjelaskan bahwa ibadah qurban selain masuk dalam ranah ibadah personal, juga merupakan bentuk ibadah sosial dengan memberikan daging qurban kepada masyarakat yang berhak menerima.

Baca Juga

“NU Care-Lazisnu melalui Program Nusantara Berqurban, Qurban Membahagiakan, menerima amanah penyaluran hewan qurban dari seluruh umat Islam untuk memberikan qurban terbaiknya kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan semangat Qurban Membahagiakan, NU Care-Lazisnu mengajak seluruh masyarakat untuk menebarkan kebahagiaan, kebaikan, dan keberkahan pada momentum Idul Adha ini,” jelas Habib Ali Hasan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (30/6/2023). 

Dirinya mengatakan program Nusantara Berqurban dilandasi dengan semangat bahwa Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari mulia bagi Muslim di seluruh penjuru dunia, terlebih bagi yang menunaikan ibadah qurban.

“Pada Hari Raya ini kita melakukan aktivitas berqurban dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan juga ekspresi syukur kepada-Nya,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Panitia Qurban NU Care-Lazisnu PBNU  2023, Moesafa melaporkan hingga Jumat (30/6/2023) pihaknya telah menerima dan mendistribusikan 1.308 hewan qurban setara kambing di dalam dan luar negeri.

Adapun titik distribusi qurban NU Care-Lazisnu PBNU di dalam negeri mulai dari Pulau Jawa hingga ke NTT, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bengkulu, hingga ke luar negeri seperti di Yordania dan Tunisia. “Kita salurkan juga untuk warga atau para pengungsi Palestina yang ada di Yordania,” papar Moesafa.

Dia menambahkan, hasil penghimpunan qurban NU Care-LAZISNU PBNU pada 2023 naik dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

 

“Alhamdulillah, hasil penggalangan (qurban) kami naik tahun ini. Respons dan animo masyarakat sangat luar biasa. Lazisnu PBNU juga mengoptimalkan penggalangan secara offline (luring) dan online (daring),” ucap Sekretaris Lazisnu. 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, selain menggalang qurban melalui laman crowdfunding nucare.id/qurban, Lazisnu PBNU juga bekerja sama dengan marketplace Shopee dan Bukalapak.

“Kami juga dapat kiriman (qurban) dari Lazinu PCINU Hong Kong, dari Presiden dan Wapres RI, pejabat pemerintahan yang lain,mulai dari para menteri, sampai dengan Kapolri dan Kadensus 88. Selain itu ada dari BPKH RI, karena Lazisnu sebagai mitra Program Kemaslahatan. Juga ada dari partai, BUMN, dan perusahaan-perusahaan swasta lainnya,” rincinya.

Kepada para pequrban yang telah menyerahkan amanah hewan qurbannya melalui Lazisnu PBNU, Moesafa menyampaikan ucapan terima kasih. Dia berharap, hewan qurban tersebut dapat memberikan kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT.  

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement