Jumat 30 Jun 2023 19:34 WIB

Ribuan Muslim Jepang Antusias Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal Osaka  

Masjid Istiqlal di Osaka Jepang menjadi lokasi ibadah favorit

Masjid Istiqlal Osaka menggelar sholat Idul Adha. Masjid Istiqlal di Osaka Jepang menjadi lokasi ibadah favorit
Foto: Dok Istimewa
Masjid Istiqlal Osaka menggelar sholat Idul Adha. Masjid Istiqlal di Osaka Jepang menjadi lokasi ibadah favorit

REPUBLIKA.CO.ID, OSAKA— Ribuan Muslim Jepang memadati Masjid Istiqlal Osaka (MIO) untuk melaksanakan sholat Idul Adha 1444 H, Kamis (29/06/2023) waktu setempat. MIO merupakan masjid yang dikelola warga Indonesia yang berdomisili di Jepang. 

 

Baca Juga

Pelaksanaan Idul Adha tahun ini tak hanya dihadiri oleh muslim asal Indonesia saja. Akan tetapi jamaah terdiri dari berbagai negara di antaranya Bangladesh, Pakistan, Srilanka, serta warga Jepang yang beragama Islam.

 

 

Ketua panitia pelaksana sholat Idul Adha MIO, Ustadz Abu Dzulqarnain Syahlan, menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak atas terselenggaranya kegiatan ibadah di MIO. 

 

Dia juga menyebut, pascapelaksanaan sholat, akan dilangsungkan pula pemotongan hewan kurban.

 

“Terima kasih kepada panitia yang telah mengeluarkan tenaga dan pikirannya dalam pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini. Tak lupa juga kepada saudara-saudara muslim yang telah berkurban, semoga setiap tahunnya pemotongan hewan kurban di MIO kian bertambah,” harap dia.

 

Selain itu, waktu pelaksanaan sholat Idul Adha 1444 H di Jepang jatuh pada 29 Juni 2023 berdasarkan keputusan sidang isbat. Keputusan tersebut ditetapkan seminggu sebelum hari raya Idul Adha.

 

Tercatat, dalam pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini terdapat kurang lebih dua ribu Muslim memadati MIO. Jumlah tersebut dibagi menjadi tiga kloter jadwal pelaksanaan sholat. 

 

Pelaksanaan sholat Idul Adha juga turut mengundang Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka dan berbagai komunitas Islam sekitar wilayah Kansai, Jepang. 

Baca juga: Terpikat Islam Sejak Belia, Mualaf Adrianus: Jawaban Atas Keraguan Saya Selama Ini

 

Masjid Istiqlal Osaka atau yang sering dikenal dengan MIO adalah masjid yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, pada 6 Maret 2023. Berdirinya masjid ini merupakan wujud dari impian warga muslim Indonesia di Jepang . Mereka menginginkan akses ibadah yang mudah dijangkau dari pusat kota Osaka.

 

Kendati bagian dari harapan warga Muslim Indonesia, MIO terbuka bagi seluruh umat Islam yang ada di Jepang. Hal ini dapat dilihat dari komunitas Islam yang ada di Jepang menyelenggarakan berbagai kegiatan di MIO.

 

Kegiatan yang ada di masjid terbesar di Osaka ini salah satunya adalah TPA Hikari Tahfidz MIO. Tak hanya itu, dalam berbagai kegiatan yang terselenggara disiarkan pula pada laman Youtube, media sosial, hingga website resmi mereka yaitu https://masjidistiqlalosaka.com/.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement