Jumat 30 Jun 2023 07:57 WIB

Sebanyak 543 Sapi dan 125 Kambing Qurban Pelindo Disalurkan untuk Masyarakat 

Penyaluran hewan qurban sebagai bentuk perkuat hubungan sesama manusia

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Pelindo salurkan qurban. Penyaluran hewan qurban sebagai bentuk perkuat hubungan sesama manusia
Foto: Dok Istimewa
Pelindo salurkan qurban. Penyaluran hewan qurban sebagai bentuk perkuat hubungan sesama manusia

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Sebanyak 543 ekor sapi dan 125 ekor kambing pada Hari Idul Adha 1444 Hijriyah (2023) disalurkan untuk masyarakat. Ratusan hewan qurban PT Pelabuhan Indonesia (Persero) tersebut alurkan kepada masyarakat melalui semua Kantor Cabang Pelabuhan serta anak dan cucu perusahaan Pelindo Grup di Indonesia. 

 

Baca Juga

“Hewan-hewan qurban itu diserahkan kepada perwakilan pengurus masjid yang menyelenggarakan pemotongan hewan qurban, untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat. Penyaluran hewan qurban untuk masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah operasi Pelindo Grup merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ihsanuddin Usman, Kamis (29/6/2023) dalam keterangannya.

 

 

Menurut Ihsanuddin, Hari Raya Idul Adha selalu menjadi momentum untuk kembali menghidupkan idealisme dan semangat pengorbanan, yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim. Spirit pengorbanan ini mendorong kebiasaan baik, seperti memberi, berbagi dan peduli terhadap sesama.   

 

“Berqurban juga menjadi sarana memperkuat tali silaturahmi, melatih kepekaan dan empati. Pelindo sebagai BUMN yang bergerak di bidang kepelabuhanan berkepentingan untuk terus memperkuat tali silaturahmi dan meningkatkan kepedulian sosial di tengah masyarakat,” katanya.

 

Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono menjelaskan pada pelaksanaan qurban tahun ini, penyediaan 543 ekor sapi dan 125 ekor kambing hewan qurban Pelindo Grup dilakukan oleh masing-masing kantor Cabang Pelabuhan serta anak dan cucu perusahaan. 

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

 

Artinya, penyediaan hewan-hewan qurban itu dilakukan secara lokal dan melibatkan para peternak hewan di area operasi masing-masing.

 

“Kita berharap pelaksanaan ibadah qurban kali ini sekaligus menghidupkan usaha peternak lokal dan meningkaDtkan perputaran ekonomi di daerah,” jelas Ali Mulyono.

 

Dia menambahkan, kegiatan sosial yang dilakukan Pelindo Grup melalui penyaluran hewan qurban juga merupakan pelaksanaan salah satu pilar utama dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN, yaitu pilar sosial. 

 

Sebagai BUMN, Pelindo mendukung program pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

 

 

"Program Pelindo Berbagi Qurban ini mendukung setidaknya tiga tujuan pembangunan berkelanjutan yaitu Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, dan Kehidupan Sehat dan Sejahtera," kata dia. 

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement