Kamis 29 Jun 2023 08:48 WIB

Menko Muhadjir Effendy: Perbedaan Perayaan Idul Adha Bentuk Toleransi

Idul Adha menjadi momentum menguatkan tradisi berbagi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
Menko PMK Prof Muhadjir Effendy.
Foto: Dok Republika.co.id
Menko PMK Prof Muhadjir Effendy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut perbedaan dalam melaksanakan Hari Raya Idul adha 1444 Hijriah merupakan salah satu bentuk toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia mengimbau masyarakat tak mempermasalahkan perbedaan itu. 

Pelaksanaan ibadah shalat Idul adha pada tahun 2023 ini terdapat perbedaan antara jamaah Muhammadiyah dengan pemerintah. Pelaksanaan bagi jamaah Muhammadiyah diselenggarakan sehari lebih awal atau pada Rabu (28/6/2023). 

Baca Juga

"Kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan dan masing-masing punya argumen baik secara syariah maupun secara ilmiah sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting terus kita pupuk semangat persaudaraan berupa ukhuwah islamiyah, watoniah sebagai sebangsa dan setanah air itu yang penting," kata Muhadjir dalam keterangan pers pada Rabu (28/6/2023). 

Muhadjir juga menyarankan supaya jamaah yang merayakan Idul adha pada Rabu agar tidak langsung memotong hewan kurbannya. Penyembelihan hewan kurban boleh ditunda selama masih dalam hari tasyrik. 

"Penyembelihannya sebaiknya besok (29/6) bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul adha besok biar kompak, tunggu satu hari tidak masalah, karena hari tasyriknya tiga hari, jadi masih ada waktu dua hari untuk kita menyembelih hewan kurban," ujar Muhadjir. 

Muhadjir mengajak warga yang memiliki harta lebih untuk menunaikan ibadah kurban sekaligus membantu warga yang membutuhkan. Menurutnya, hal tersebut mewarisi akhlakul kharimah yang dicontohkan oleh nabi Ibrahim dan nabi Muhammad SAW yakni sifat pemurah dan dermawan. 

"Ini kesempatan kita untuk berkurban dalam rangka menggambarkan bahwa kita adalah bangsa yang pemurah dan suka berderma," ucap Muhadjir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement