Rabu 21 Jun 2023 17:29 WIB

Al Chaidar: Ada Aliran Dana Besar dari Al Zaytun yang Dinikmati Pejabat Orba

Menurutnya, sejak awal berdiri, NII KW 9 memiliki misi mengumpulkan dana masyarakat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pimpinan Mahad Al Zaytun Panji Gumilang.
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Pimpinan Mahad Al Zaytun Panji Gumilang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat terorisme Al Chaidar menyebut besarnya dana yang terkumpul dari para anggota NII KW 9 yang dipimpin oleh pendiri Ma'had Al Zaytun Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang turut mengalir dan dinikmati oleh sejumlah jenderal dan pejabat era orde baru yang kini masih memiliki pengaruh besar.

Menurutnya, sejak awal berdiri, NII KW 9 sejatinya memiliki misi untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya dana masyarakat.

Baca Juga

"Jadi untuk memperkaya diri sendiri-sendiri saja dan beberapa jenderal pendukung dia. Ya, pejabat-pejabat di orba dulu sampai sekarang. (Apa sekarang masih ada aliran dana ke pejabat-pejabat itu?) Ya, masih ada, yang (dana untuk) Al Zaytun itu, yang sekolah itu hanya sepuluh persen saja dari dana yang terkumpul, 90 persennya kan untuk masuk ke kantong jenderal-jenderal itu," kata Al Chaidar kepada Republika.co.id, Rabu (21/06/2023).

Al Chaidar menjelaskan gerakan NII KW 9 telah muncul sejak 1991 di Banten. Kala itu, ada sebanyak 14 juta orang yang bergabung dengan NII KW 9 dan bersedia mengumpulkan dana.

Al Chaidar menyebut dari 14 juta orang itu terkumpul dana mencapai Rp 800 miliar. Dana itulah yang digunakan untuk membangun Ma'had Al Zaytun sebagai pusat dari pada NII KW 9. Dalam perkembangannya, di bawah pimpinan Panji Gumilang, NII KW 9 memperluas pengaruhnya ke seluruh wilayah.

Al Chaidar mengatakan orang-orang yang masuk ke Al Zaytun dan bergabung dengan NII KW 9 lambat laun akan diperas hartanya. Karena itu para anggotanya berakhir mengalami kerusakan finansial dan kehancuran dalam keluarga.

Untuk menguatkan citranya di mata orang-orang yang bergabung yang kebanyakan masih memiliki keterkaitan dengan keluarga NII, Panji Gumilang pun mendeklarasikan diri sebagai imam negara Islam Indonesia. Hal itu membuat pengikutnya pun semakin bertambah hingga 40 juta orang.

Dana dari anggota NII KW 9 pun terus masuk...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement