Senin 19 Jun 2023 13:08 WIB

Kisah Mualaf Ahmad Young: Kekhusyukan Ramadhan Menuntunku kepada Islam

Ahmad Young meyakini Islam agama yang menyejukkan hati.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Mualaf Ahmad Young
Foto:

Di sini Young menyaksikan bahwa inilah beragama yang selama ini dia cari. 

“Saya belajar banyak tentang Islam di bulan Ramadan,” ujar Young dikutip di Mehr News, Senin (19/6/2023). 

Dari sinilah dia kemudian mempelajari banyak hal tentang apa itu Islam. Apa sejarah Islam, siapa yang membawa ajaran tersebut? Apa substansinya? Dan segala seluk beluk Islam. Dari situlah dia kemudian tertarik dan memutuskan untuk memeluk Islam 

Selama berada di Palestina, Young menyaksikan kearifan warga Palestina yang santun bertutur kata dan berakhlak mulia. 

Pemain bola basket Amerika, Ahmad Young, diberitakan telah masuk Islam. Saat ini, pebasket tersebut dilaporkan tengah bermain untuk Qalandia di liga Palestina.

Tim bola basket Qalandia Palestina adalah tim bola basket profesional yang berbasis di kota Qalandia, Palestina. Ahmad Young semula merupakan pemain bola basket perguruan tinggi di California, AS.

Ia menandatangani kontrak bola basket profesional untuk bermain untuk Klub Qalandia di Federasi Bola Basket Palestina (PBF) pada 2 November lalu. Tim tersebut berlokasi di Ramallah, Palestina, sekitar empat puluh menit di utara al Quds. 

Ayat tentang hidayah

Kisah Young di atas merupakan cerminan firman Allah surah al Qashash ayat 56

إِنَّكَ لَا تَهْدِى مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَٰكِنَّ ٱللَّهَ يَهْدِى مَن يَشَآءُ ۚ وَهُوَ أَعْلَمُ بِٱلْمُهْتَدِينَ

Innaka lā tahdī man aḥbabta wa lākinnallāha yahdī may yasyā`, wa huwa a'lamu bil-muhtadīn 

Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.

 

Tafsir ayat ini, sebagaimana dijelaskan oleh ulama Syekh Wahbah Zuhaili dalam kitabnya tafsir al Wajiz, bahwa Nabi Muhammad dan siapa pun, tidak dapat memaksakan seseorang mengikuti jalan Allah. Mengapa demikian? 

Ayat ini turun sebagaimana hadits yang diriwayatkan dalam Shahih Muslim, Tirmidzi dan lainnya tentang Abu Thalib saat menolak untuk masuk Islam meskipun Nabi SAW sangat menginginkan dia beriman, kemudian dia mati dalam keadaan mengikuti agama Abdul Muthalib.

Allah memberikan petunjuk-Nya, bukan kepada orang yang dipilih manusia, bahkan nabi sekalipun. Tapi, Allah sendiri yang memilih sesukanya siapa orang yang pantas mendapatkan hidayah.

 

Young merupaan salah seorang yang dipilih Allah secara langsung untuk mendapatkan hidayah dari-Nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement