Jumat 16 Jun 2023 04:50 WIB

Kemenag: Keluarga Basis Pendidikan Anak

Salah satu peran penting orang tua di keluarga ialah memperhatikan fungsi keagamaan.

Ilustrasi Keluarga.
Foto: MGROL100
Ilustrasi Keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara H Sarbin Sehe mengatakan, keluarga adalah basis pendidikan anak sebagai bekal di kehidupan sosial.

"Saya mengingatkan tentang pentingnya peran dan fungsi orangtua dalam keluarga untuk memastikan bahwa anaknya sehat dan aman," kata Sarbin.

Baca Juga

Dia mengatakan, keluarga dalam hal ini orang tua memberikan sarana dan prasarana untuk mengembangkan kemampuan sebagai bekal di kehidupan sosial, serta sebagai media dalam menanamkan nilai sosial dan budaya sedini mungkin.

"Saya ingatkan salah satu peran penting orang dalam keluarga adalah memperhatikan fungsi keagamaan, yaitu dengan memberi panutan yang baik dalam ibadah dan perilaku kepada anak," jelasnya.

Lainnya adalah fungsi sosial budaya, katanya, fungsi cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosial dan pendidikan, ekonomi pembinaan cinta lingkungan, tegas dia.

Fungsi yang tidak kalah penting adalah tanggung jawab melaksanakan fungsi pendidikan dalam keluarga yang baik untuk mempersiapkan masa depan anak-anak.

"Kami prihatin dengan begitu banyaknya anak harus tinggal di panti-panti asuhan. Karena itu orangtua harus sadar betul peran keluarga sebagai basis pendidikan. Orangtua jangan membunuh masa depan anak-anak karena tidak sekolah," kata Sarbin.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement