Selasa 13 Jun 2023 19:49 WIB

Restoran Mamma Rosy dan Hikmah Dibalik Pengharaman Babi dalam Islam

Ada hikmah menarik di balik pengharaman daging babi dalam Islam.

Daging babi (ilustrasi). Ada beragam alasan kenapa Islam melarang untuk mengonsumsi babi secara keseluruhan, salah satunya dari sisi kesehatan.
Foto:

Dari sinilah pengharaman daging babi bermula. Kemudian warga Makkah dan Madinah yang semula didominasi non-Muslim, lambar laun berubah menjadi mayoritas Muslim. Orang yang mengonsumsi daging babi pun semakin berkurang, bahkan habis.

Terlebih di daerah Tanah Suci, yaitu Makkah dan Madinah. Semua penduduk di dalamnya adalah Muslim sehingga tak ada yang mengonsumsi babi.

Hikmah

Selalu ada yang memaparkan kaitan konsumsi daging babi dengan kesehatan. Ada yang bilang soal daging babi menjadi tempat berkembangnya berbagai cacing dan bibit penyakit. Dan sebagainya.

Namun di balik itu semua, hikmah di balik pengharaman ini adalah soal ketaatan, ketakwaan, dan keimanan kepada Allah. Begitu banyak yang sudah dihalalkan untuk dikonsumsi, mengapa masih pula mempermasalahkan apa yang sudah diharamkan oleh Allah dan rasul-Nya.

Langkah terbaik menyikapi perintah Allah dan rasul-Nya adalah menaati perintah tersebut. Pasti ada kebaikan di balik larangan tadi. 

Dengan mengikuti apa yang sudah ditetapkan Allah, makhluk terhindar dari keserakahan. Allah memang menciptakan segalanya, tapi bukan berarti semua yang diciptakan Allah harus dikonsumsi. Ada batasan, ada aturan yang harus ditaati. Dan pastinya ada banyak kebaikan di balik perintah dan larangan yang sudah ditetapkan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement