Selasa 13 Jun 2023 19:02 WIB

5 Bahaya yang Dihadapi Muslimah dan Penting Diwaspadai Masa Kini  

Muslimah menghadapi tantangan berat pada era sekarang

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Muslimah. Muslimah menghadapi tantangan berat pada era sekarang
Foto:

Kelemahan wanita terletak pada lisannya. Selain membicara kan orang lain, mendengar ghibah juga dilarang. Seseorang yang kebetulan berada di suatu tempat, lalu didekatnya ternyata ada yang sedang berghibah dan ia tidak pindah, ia akan terkena dosanya.

Yang harus dilakukan seseorang saat mendengar ada yang berghibah adalah menghentikannya. Jika dirasa tidak memiliki kemampuan untuk itu, ia harus meninggalkan tempat ghibah itu. 

Ghibah saat ini lebih canggih dan mudah dengan adanya sosial media. Grup-grup WA, Facebook, dan yang lain menjadi sarana lain berghibah.

Ghibah di dunia maya ini juga berbahaya. Berdiam di dalamnya tanpa menghentikan, juga akan terkena dosa. 

"Kalau perihal ghibah ini pernah terjadi pada Aisyah, apakah tidak menutup kemungkinan terjadi pada diri kita?" ucap Ustadz ini. 

Bahaya seorang Muslimah lainnya adalah tasyabbuh dengan laki-laki atau bersikap kelaki-lakian. Allah SWT menciptakan perempuan dengan kodratnya, hal ini jangan dilangkahi atau menyalahi kodrat yang ada. Setanlah yang menghendaki kita mengubah yang diberikan dan diciptakan Allah SWT.Dalam HR Bukhari disebut: 

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ "Rasul melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki."  

Bahaya keempat, yakni meratapi jenazah utamanya saat terkena musibah. Wanita lebih gampang meratap dan me rasa sedih yang lebih dalam dibandingkan pria.

Baca juga: Masuk Islam, Zilla Fatu Putra Umaga Pegulat WWE Ini Beberkan Alasannya yang Mengejutkan

Bahaya terakhir adalah banyak nya wanita-wanita yang meminta cerai pada suami tanpa alasan. Alasan yang diberikan oleh sang istri ini bukan sesuatu yang jelas atau terkesan dibuat-buat.

Wanita saat ini semakin berani karena punya penghasilan dan merasa mapan. Banyak wanita yang merasa dirinya sejajar bahkan di atas dengan suaminya. Karena hal ini, ia terkadang tidak segansegan dalam memberikan ultimatum dan meminta cerai tanpa menyadari akibatnya. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: 

أَيُّمَا امْرَأَةٍ سَأَلَتْ زَوْجَهَا طَلاَقًا فِى غَيْرِ مَا بَأْسٍ فَحَرَامٌ عَلَيْهَا رَائِحَةُ الْجَنَّةِ  "Siapa saja wanita yang meminta (menuntut) cerai kepada suaminya tanpa alasan yang dibenarkan maka diharam kan bau surga atas wanita tersebut.”  

Ucapan Nabi ini termasuk ancaman yang berat dan besar. Dalam Islam, kedudukan seorang suami sangat besar dan tinggi. 

Salah satu kewajiban Muslimah yang telah menikah adalah me naati suaminya. Maka, permintaan cerai tanpa alasan yang dibenarkan adalah hal yang melanggar kewajiban itu.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement