Sabtu 18 May 2024 11:45 WIB

Israel Serang Tepi Barat dengan Pesawat Tempur dan Drone

Kekerasan di Tepi Barat sudah melonjak tajam sebelum perang Israel di Gaza.

Rep: Lintar Satria/ Red: Muhammad Hafil
Wanita Palestina mencuci pakaian dengan air laut di pantai Deir al Balah, Jalur Gaza, Kamis, 2 November 2023. Menteri Urusan Perempuan Palestina, Mona Al-Khalili, mengungkapkan bahwa pasukan pendudukan Israel sengaja menargetkan perempuan dan anak-anak di Gaza dan Tepi Barat.
Foto: AP Photo/Fatima Shbair
Wanita Palestina mencuci pakaian dengan air laut di pantai Deir al Balah, Jalur Gaza, Kamis, 2 November 2023. Menteri Urusan Perempuan Palestina, Mona Al-Khalili, mengungkapkan bahwa pasukan pendudukan Israel sengaja menargetkan perempuan dan anak-anak di Gaza dan Tepi Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,JENIN -- Kementerian Kesehatan Gaza dan militer Israel mengatakan serangan udara Israel membunuh pejuang Palestina dan melukai delapan orang lainnya di kamp pengungsi Jenin di daerah pendudukan Tepi Barat. Sayap bersenjata Islam Jihad (PIJ) mengatakan nama korban tewas adalah Islam Khamayseh.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan delapan orang yang terluka dalam kondisi stabil dan menerima pengobatan di rumah sakit. Identitas para korban belum dapat dikonfirmasi.

Baca Juga

Militer Israel mengatakan pesawat tempur dan helikopternya menggelar serangan ke Tepi Barat yang jarang dilakukan. Kekerasan di Tepi Barat sudah melonjak tajam sebelum perang Israel di Gaza.

Israel mengatakan mereka menembak komplek yang digunakan sebagai pusat operasi milisi dan mengkonfirmasi kematian Khamayseh yang dituduh bertanggung jawab beberapa serangan ke orang Israel.

 

Militer Israel menambahkan serangan "digelar untuk menghapus ancaman nyata" tanpa mengungkapkan detail ancaman yang dimaksud.

Foto-foto yang tersebar di media sosial yang belum dapat diverifikasi menunjukkan asap hitam di atas kamp pengungsian Jenin yang padat penduduk. Warga kamp mengatakan serangan itu mengincar sebuah rumah.

Menurut badan bantuan pengungsi PBB untuk Palestina tercatat sekitar 23.600 di kamp itu sebagai pengungsi yang diusir dari rumah mereka dalam perang 1948 yang mengarah pada pendirian negara Israel atau keturunan mereka.

Tepi Barat salah satu wilayah yang Israel duduki dalam perang Timur Tengah 1967. Palestina ingin wilayah itu bagian dari negara Palestina di masa depan. Sejumlah kelompok Palestina seperti PIJ terlibat dalam perlawanan konflik menghadapi pendudukan militer Israel selama puluhan tahun.

Aljazirah melaporkan rumah yang diserang berada di tengah  kamp Jenin yang sangat padat penduduknya. Semua orang yang berada di dalamnya diperkirakan adalah para pejuang perlawanan Palestina.

Video menunjukkan ambulans bergegas ke tempat kejadian dan orang-orang dibawa ke rumah sakit. Mereka juga menunjukkan orang yang meninggal di brankar.

Aljazirah melaporkan Israel semakin sering menggunakan drone dan jet tempur dalam operasi  di Tepi Barat. Serangan terbaru  merupakan serangan udara ketiga dalam beberapa bulan terakhir, termasuk satu serangan bulan Oktober lalu.

Sejak perang Israel di Gaza pecah sudah 505 orang tewas dalam serangan Israel di kamp pengungsian Jenin. Daerah dengan korban jiwa paling banyak di Tepi Barat. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement