Senin 12 Jun 2023 22:20 WIB

Apakah Muhammadiyah Yasinan? Ini Penjelasan Ketua Muhammadiyah

Sebagian warga Muhammadiyah menggelar yasinan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi yasinan.
Foto: dok.Penkostrad
Ilustrasi yasinan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yasinan merujuk pada kegiatan membaca surat Yasin dalam rangkaian ibadah di kalangan umat Islam di Indoensia. Surat Yasin adalah surah ke-36 dalam Alquran yang memiliki banyak keutamaan dan nilai spiritual. Yasinan sering dilakukan sebagai amalan yang dikerjakan secara berjamaah atau individu, baik dalam acara tertentu atau secara rutin.

Namun, Yasinan selama ini hanya banyak dikenal di dalam tradisi Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan, menjadi salah satu amalan yang populer di kalangan nahdliyin. Lalu bagaimana dengan Muhammadiyah? Apakah Muhammadiyah juga Yasinan?

Baca Juga

Seperti dijelaskan dalam situs resmi Muhammadiyah, meski tidak menampilkan secara simbolis kegiatan Yasinan sebagaimana umat Islam lain di Indonesia, tapi Muhammadiyah juga melakukan kegiatan Yasinan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Saad Ibrahim dalam acara Pengukuhan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PDMA) Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pada Sabtu (10/6/2023).

“Muhammadiyah dan Aisyiyah itu juga Yasinan, tapi pada umumnya tidak dari Yasin sampai kemudian ayat yang terakhir. Kadang-kadang Yasinan itu cukup satu ayat itu sudah dianggap Yasinan karena satu ayat itu tetap bagian dari Surat Yasin,” ujar Saad Ibrahim.

Saad Ibrahim berseloroh,...Lihat halaman berikutnya >>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement