Kamis 08 Jun 2023 12:53 WIB

Rakernas Asosiasi Dosen Pergerakan (ADP) Ajukan 10 Rekomendasi

ADP menyadari bahwa saat ini dunia tengah dihadapkan pada tantangan perubahan iklim.

Rakernas ADP di Wonosobo
Foto:

Ketua ADP Prof. Dr. Ahmad Tholabi menyambut menyambut positif rekomandasi ADP untuk mewujudkan kualitas pendidikan tinggi yang lebih baik. "Kita mengetahui, di masa yang akan datang, bangsa kita akan menghadapi berbagai tantangan yang kompleks. Pendidikan tinggi yang baik saat ini adalah mempersiapkan bekal yang cukup untuk generasi muda menghadapi tantangan tersebut," kata Wakil Rektor UIN Syarif Hidayatullah tersebut.

Ada tantangan budaya. Generasi muda dihadapkan pada budaya-budaya luar yang berseberangan dengan budaya yang ada. Termasuk di dalamnya sikap dan tingkah laku yang berasal dari negara lain. Ketika diterapkan di sini, budaya tersebut justru menjadi kontraproduktif.

Belum lagi tantangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang mengalami perkembangan pesat. Berbagai kawasan berlomba-lomba menghadirkan inovasi sains dengan meluncur ke luar angkasa dan melakukan penelitian-penelitian dengan memotret dan menganalisis berbagai temuan di sana. 

Teknologi juga begitu cepat berkembang mengakibatkan disrupsi yang mengakibatkan 'pemain baru' bermunculan. "Semua ini merupakan tantangan pendidikan tinggi yang harus kita persiapkan bersama-sama," kata Tholabi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement