Senin 05 Jun 2023 12:58 WIB

Rumah Zakat Gelar Festival Lanjut Usia di Kota Malang

Rumah Zakat gelar festival dengan menggandeng mitra program Kota Ramah Lansia.

Rumah Zakat menyelenggarakan Festival Lanjut Usia di Kota Malang. Hadir juga dalam acara ini, Wakil Walikota Malang yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Malang
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat menyelenggarakan Festival Lanjut Usia di Kota Malang. Hadir juga dalam acara ini, Wakil Walikota Malang yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Masih dalam rangkaian peringatan Hari Lanjut Usia Nasional, Rumah Zakat menyelenggarakan Festival Lanjut Usia di Kota Malang. Acara ini juga menjadi momen penting untuk mendeklarasikan komitmen Rumah Zakat dan seluruh mitra dalam mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia.

Festival dimulai dengan sesi senam lansia yang dipandu oleh Komunitas Senam Tera, menciptakan suasana ceria dan memberikan kebugaran bagi para peserta. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh lansia yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam masyarakat.

Momen ini juga menjadi kesempatan untuk meluncurkan dan menandatangani komitmen dalam mewujudkan Kota Ramah Lansia di Kota Malang. Acara Festival Lanjut Usia ini juga menampilkan booth pemeriksaan dan konsultasi kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh Hipotalamus Fikes UMM, Pediscare, dan PhysioSET.

Acara yang berlangsung di CFD Ijen ini berhasil menarik perhatian ratusan lansia dan pegiat lansia dari berbagai komunitas serta masyarakat dari berbagai kelompok usia yang berkunjung ke CFD. Festival ini tidak hanya memberikan kebahagiaan bagi lansia, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat umum terkait pentingnya perhatian dan penghargaan terhadap lansia.

Hadir juga dalam acara ini Wakil Wali Kota Malang yang juga menjabat sebagai ketua Komda Lansia Malang Ir H Sofyan Edi Jarwoko, staf khusus menteri sosial Dr Faozan Amar, Kepala Dinsos Provinsi Jatim Novi Widiani, perwakilan KPRK MUI Pusat Dr Zahrotun Nihayah, serta seluruh mitra yang berkolaborasi dalam program Kota Ramah Lansia Malang, yaitu Dinas Kesehatan Kota Malang, Pediscare, IPEGERI, Pergemi, ALZI Malang, IDI, UB, UMM, STI, dan Paragon. 

"Terima kasih untuk Rumah Zakat yang sudah selama ini membantu kegiatan pemerintah dan lansia di Kota Malang. Saat ini sudah mencakup lima kecamatan di Kota Malang, semoga bisa terus berlanjut hingga mencakup seluruh lansia di Kota Malang," tutur Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Melalui Festival Lanjut Usia ini, Rumah Zakat dan seluruh mitra serius dan komitmen dalam menyediakan dukungan dan perhatian yang berkelanjutan untuk lansia. Tujuan utama dari program Kota Ramah Lansia Malang adalah memberikan lingkungan yang inklusif, mempromosikan kesejahteraan, serta memastikan lansia memiliki tempat yang layak dan bermanfaat dalam masyarakat.

Dengan adanya Festival Lanjut Usia ini, diharapkan stigma dan diskriminasi terhadap lansia dapat berkurang, dan kesadaran masyarakat akan potensi dan kontribusi positif lansia semakin meningkat. Rumah Zakat dan para mitra siap untuk terus melangkah maju dalam mewujudkan visi Kota Malang sebagai Kota Ramah Lansia, melalui pelaksanaan program-program yang melibatkan lansia secara aktif dan memberikan dampak yang nyata dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement