Senin 29 May 2023 13:17 WIB

130 Ulama Amerika Utara Tolak Doktrin agar Islam Mengakui LGBT

LGBT bertentangan dengan Islam.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
130 Ulama Amerika Utara Tolak Doktrin agar Islam Mengakui LGBT. Foto:    Ilustrasi penderita homoseksual.
130 Ulama Amerika Utara Tolak Doktrin agar Islam Mengakui LGBT. Foto: Ilustrasi penderita homoseksual.

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON DC -- Lebih dari 130 cendekiawan Muslim terkemuka dari Amerika Utara telah mengeluarkan pernyataan yang membela hak komunitas Muslim untuk mempertahankan posisi normatif Islam terhadap LGBT tanpa dituduh fanatik atau menyebar kebencian.

Dilansir di 5 Pillars, Ahad (28/5/2023), para ulama yang meliputi Imam Siraj Wahaj, Imam Suhaib Webb, Syekh Shadee Elmasry, Syekh Yasir Qadhi, Imam Omar Suleiman dan Dewan Imam Kanada, mengatakan bahwa etika seksual dan gender Islam bertentangan dengan pandangan masyarakat umum, sehingga menimbulkan ketegangan bagi umat Islam antara keyakinan agama mereka dan harapan masyarakat.

Baca Juga

Tapi mereka mengatakan posisi normatif Islam tentang LGBT, yang bersumber dari Al-Qur'an, sudah tetap dan tidak bisa diubah.

“Sebagai minoritas agama yang sering mengalami kefanatikan dan pengucilan, kami menolak anggapan bahwa perselisihan moral sama dengan intoleransi atau hasutan untuk melakukan kekerasan. Kami menegaskan hak kami untuk mengekspresikan keyakinan kami sekaligus mengakui kewajiban konstitusional kami untuk hidup damai dengan mereka yang keyakinannya berbeda dengan kami," bunyi pernyataan mereka.

Para ulama juga menolak segala upaya untuk menafsirkan kembali atau merevisi doktrin agama agar inklusif terhadap ideologi LGBT.

Komunitas Muslim tidak kebal terhadap tekanan semacam itu. Memang ada yang mencoba menginterpretasikan ulang teks-teks Islam demi mendukung penegasan LGBT.

"Kami dengan tegas menolak upaya seperti itu karena secara teologis tidak dapat dipertahankan karena aspek etika seksual ini sesuai dengan kategori prinsip yang tidak dapat diubah dan oleh karena itu tidak dapat direvisi,"isi pernyataan itu

Tetapi mereka menyimpulkan bahwa mereka berkomitmen untuk hidup berdampingan secara damai dengan mereka yang berbeda pendapat di Amerika Utara. Hidup berdampingan secara damai tidak memerlukan kesepakatan, penerimaan, penegasan, promosi, atau perayaan.

"Kami menolak pilihan yang salah antara menyerah pada tekanan sosial untuk mengadopsi pandangan yang bertentangan dengan keyakinan kami atau menghadapi tuduhan fanatisme yang tidak berdasar. Ultimatum koersif seperti itu merusak prospek untuk hidup berdampingan secara harmonis,".

Sumber:

https://5pillarsuk.com/2023/05/24/north-american-scholars-defend-normative-islamic-position-on-lgbtq/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement