Jumat 19 May 2023 05:26 WIB

Guru dan Siswa Saksikan Aneka lomba MTQ Kalimantan Timur Ke-44

MTQ menarik perhatian masyarakat Kalimantan Timur untuk memperdalam Alquran

Ilustrasi penyelenggaraan MTQ.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi penyelenggaraan MTQ.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Ratusan guru dan siswa dari puluhan sekolah menengah baik negeri maupun swasta ikut menyaksikan lomba-lomba di MTQ Ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim di Balikpapan.

Mereka hadir dan memberi semangat para peserta di tempat penyelenggaraan utama di Dome, Jalan Ruhui Rahayu, yang menggelar lomba tilawah kategori anak-anak, remaja, dan dewasa, serta lomba kaligrafi golongan mushaf dan kontemporer.

Baca Juga

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Balikpapan Suprapto menambahkan, para siswa juga datang untuk menyaksikan lomba-lomba tersebut.

"Kami aturagar sedikitnya satu tempat penyelenggaraan dikunjungi 50-an siswa per hari," kata Suprapto, Kamis.

 

MTQ Ke-44 Tingkat Kaltim di Balikpapan diselenggarakan di 10 tempat di berbagai penjuru Kota Minyak. Dome adalah tempat penyelenggaraan utama di mana panggung tilawah berada.

Selain itu, lomba-lomba tersebar mulai dari Aula Gedung KNPI, Aula Kantor Kecamatan Balikpapan Selatan, Aula Rumah Jabatan Wali Kota dan Rumah Jabatan Wakil Wali Kota, hingga aula Markas Kodim 0905 Balikpapan.

Para guru dan siswa sekolah dasar mendapat giliran menonton lomba yang diselenggarakan pagi. Kemudian pada lomba lepas tengah hari giliran para guru dan siswa SMP memadati area lomba.

Kesempatan ini juga digunakan para guru untuk bersilaturahmi dengan sesama rekan guru. Tidak lupa juga berfoto bersama dengan latar belakang papan acara MTQ Ke-44.

"Acara seperti ini juga momen belajar selain untuk silaturahmi," kata Kepala SMPN 23 Balikpapan Waluyadi.

Musabaqah Tilawatil Quran Ke-44 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur akanberlangsung hingga 21 Mei mendatang. Untuk kafilah Balikpapan yang menjadi tuan rumah, Wali Kota Rahmad Mas?ud menjanjikan bonus hadiah berupa berangkat umrah bagi seluruh anggota kafilah, mulai dari qari-qariah, hingga tim pelatih dan ofisial, bila berhasil meraih juara umum.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement