Sabtu 13 May 2023 18:30 WIB

PBNU Nilai Hanan Attaki Potensial untuk Akomodasi Pemuda Hijrah

Ustadz Hanan Attaki berikrar menjadi warga NU.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Video Ustaz Hanan Attaki dibaiat masuk NU
Foto: Republika
Video Ustaz Hanan Attaki dibaiat masuk NU

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pendakwah yang populer di kalangan milenial, Ustaz Hanan Attaki telah berikrar dan berhijrah menjadi warga Nahdlatul Ulama (NU). Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU), KH Abdullah Syamsul Arifin atau Gus Aab menilai, dakwah Ustaz Hanan Attaki sangat potensial bagi NU untuk mengakomodasi orang-orang hijrah yang selama ini menjadi pengikutnya.

“Saya melihat beliau sangat potensial sebagai seorang dai yang memiliki banyak folowers di media dan dakwah-dakwah beliau yang dilaksanakan menyasar terhadap kalangan milenial ini cukup banyak yang meminati,” ujar Gus Aab kepada Republika.co.id, Sabtu (13/5/2023).

Baca Juga

Setelah dibaiat oleh Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, menurut Gus Aab, Ustaz Hanan Attaki sudah menjadi bagian daripada NU. Namun, menurut dia, dakwahnya masih perlu dilihat lagi nantinya apakah sudah berubah dan sesuai dengan ajaran NU atau belum.

“Ini perlu juga akan dilihat nanti kan. Tidak hanya menyatakan diri bahwa ikrar saya ini menjadi bagian daripada NU, tapi juga harus melaksanakan ketentuan-ketentuan yang ada. Maka seluruh fikrah, harakah itu akan dinilai sesuai apa gak,” ucap Gus Aab.

“Jangan-jangan hanya pengakuan swcara formal menjadi bagian daripada NU tapi fikrah dan harakahnya tetap berbeda. Tentu itu juga akan menjadi penilain tersendiri,” kata Gus Aab.

Dia pun mengutip ungkapan yang selama ini selalu dipegang oleh orang-orang pesantren bahwa apapun yang dilakukan karena Allah itu akan berkesinambungan dan akan terus menerus. Namun, ketika dilakukan tidak karena Allah maka dengan sendirinya akan putus dan akan habis.

“Jadi apa yang diucapkan, ikrar yang diucapkan itu harus dibuktikan dengan tindakan nyata dan ini yang akan dilihat oleh publik,”jelas Gus Aab.

Secara formal, tambah dia, tentu tidak ada alasan lagi untuk mempersoalkan dakwah yang akan dilakukan Ustaz Hanan Attaku. Tetapi, kata dia, nanti harus dilihat lagui sejauh mana pikirannya, dan pandangannya tentang ajaran Islam yang berhaluan Aswaja an-Nahdliyah.

Sebagaimana diektahui, sebelumnya Ustaz Hanan Attaki dibaiat oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. Setelah menyatakan janjinya untuk taat pada ulama ahlussunnah wal jamaah (Aswaja), dia pun resmi menjadi warga Nahdlatul Ulama (NU).

Pembaiatan ini dilakukan dalam acara Halal Bihalal 1444 Hijriyah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek sekaligus Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin, di Malang, Kamis (11/5/2023) malam.

Ustaz Hanan Attaki menyampaikan baiat NU di bawah bimbingan Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang, KH Marzuki Mustamar. Pembaitan itu juga disaksikan oleh santri dan jamaah yang hadir.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement