Selasa 09 May 2023 16:28 WIB

Ustaz Zaitun Rasmin Apresiasi Juara Tahfidz Alquran 30 Juz di STQH Selayar

Ustaz Zaitun Rasmin mendukung kader Wahdah Islamiyah giatkan tahfidz Alquran

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ustaz Zaitun Rasmin.
Foto: Darmawan / Republika
Ketua Umum Wahdah Islamiyah Ustaz Zaitun Rasmin.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Ikhsan Sulaeman menjadi juara umum hifzil Qur’an 30 juz dalam Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke-33 yang digelar di Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Nama mahasiswa semester 2 Kampus STIBA Makassar itu diumumkan dalam acara seremonial penutupan yang digelar di Lapangan Pemuda, Kota Benteng, Kabupaten Selayar, pada Senin (8/5/2023).

Baca Juga

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif, tampil menutup kegiatan itu. STQH ke-33 yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan diikuti 410 peserta yang berasal dari 24 kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan.

Sebanyak 5 cabang yang diperlombakan, masing-masing cabang Tilawatil Alqur’an golongan anak-anak dan dewasa.

 

Kemudian, cabang Hifdzil Alqur’an golongan hafalan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Selanjutnya, cabang Tafsir Alqur’an golongan bahasa Arab. Serta cabang hafal hadist golongan hafalan 100 sanad dan 500 hadist tanpa sanad.

Ikhsan Sulaeman masuk kategori dewasa 30 juz yang mewakili Kabupaten Enrekang.  Dia merupakan putra dari salah satu  pengurus Wahdah Islamiyah Pancarijang, Kabupaten Enrekang. 

Ikhsan menceritakan, sebelum perlombaan, ia senantiasa bersungguh-sungguh latihan serta tidak lupa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Semoga ini bisa menjadi washilah (perantara) untuk lebih mendekatkan diri dengan Alqur’an, dan juga bisa membahagiakan kedua orangtua di dunia dan akhirat. Aamiin,” tuturnya.

Ketua Umum Wahdah Islamiyah, DR. KH. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., MA., mengaku sangat senang mendengar kabar bahagia yang datang dari mahasiswa Kampus STIBA Makassar, yang juga putra dari kader organisasi yang dipimpinnya saat ini.

“Alhamdulillah, selamat kepada ananda Ikhsan. Tentu, kita semua sangat senang mendengar kabar bahwasanya ananda Ikhsan juara umum dalam perlombaan menghafal kitab suci Alqur’an 30 juz. Semoga ini bisa penyemangat bagi ana-anak kita yang lainnya, dan generasi kita semua bisa lebih dekat dengan Alqur’an,” ujarnya.

Ustaz Zaitun juga menyampaikan dukungannya terhadap setiap perlombaan membaca dan menghafal kitab suci Alquran serta hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassalam.

“Patut kita dukung acara seperti itu karena ini dapat meningkatkan semangat umat Islam untuk mempelajari agama Islam, terutama dalam mempelajari dan menghafal Alqur’an dan hadist-hadist Rasulullah,” terangnya.

Daftar 10 besar perolehan juara STQH ke-33 di Selayar: 

Lihat halaman berikut >>

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement