Kamis 04 May 2023 07:05 WIB

Pameran Alquran Diluncurkan di Brazil

Alquran merupakan pedoman hidup.

Rep: Mabruroh/ Red: Erdy Nasrul
Pameran Alquran Langka.
Foto: Arab News
Pameran Alquran Langka.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Kementerian Urusan Islam Saudi meluncurkan "Pameran Alqur'an Mulia" di Sao Paulo, Brasil, menggunakan teknologi realitas virtual. Pameran Alquran ini akan berlangsung selama 8 hari.

Dilansir dari Arab News, Kamis (4/1/2023), pameran yang dimulai 1 Mei ini akan membawa para tamu dan pengunjung, secara virtual mengunjungi Masjid Nabawi.

Baca Juga

Pameran ini juga akan menampilkan sejumlah besar publikasi Kompleks Raja Fahad untuk Pencetakan Alqur’an di Madinah dengan 77 terjemahan ayat-ayat Alquran.

Kepala Departemen Timur Tengah di Kementerian Luar Negeri Brasil Sidney Leon Homeron memuji upaya bantuan Kerajaan sejalan dengan agama, menggambarkan Arab Saudi sebagai negara terkemuka dalam pekerjaan kemanusiaan, bantuan, dan pembangunan di seluruh dunia.

 

Kepala Pusat Toleransi Global Dr. Abdul Hameed Metwally mengatakan, bahwa upaya Kerajaan sedang disaksikan oleh semua orang, terutama dalam pelayanan Islam, dan bahwa pameran Sao Paulo memberikan definisi sederhana tentang agama untuk dipahami orang-orang.

Metwally menggambarkan Arab Saudi sebagai "Kerajaan kebaikan dan perdamaian," di mana jutaan orang datang selama musim haji setiap tahun untuk mengembalikan duta besar ke negara mereka membawa pesan perdamaian dan toleransi.

Hidup berpedoman kepada Alquran

Alquran adalah panduan kehidupan bagi manusia. Tidak ada satu pun sisi kehidupan kecuali Alquran telah memberikan panduan secara lengkap, dari hal yang terkecil hingga yang terbesar. Manusia tinggal mengikuti panduan itu, pasti meraih kesuksesan dan kebahagiaan hidup yang hakiki di dunia dan di akhirat.

Hidup di bawah naungan Alquran akan mendapatkan banyak keuntungan dan melahirkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Antara lain, pertama, hidup menjadi terbimbing. Meski orang itu pandai, belum tentu mampu membedakan mana hal yang hak dan yang batil. Kemampuan membedakan itu sangat penting untuk menuju kehidupan yang lebih baik.

Allah SWT berfirman, "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)."(QS al-Baqarah [2]: 185).

Kedua, mampu mengatasi segala persoalan. Hidup ini tidak pernah lepas dari persoalan, jika Alquran dijadikan sebagai panduan hidup maka mengantarkan manusia menjadi takwa dan ketakwaan akan membuatnya mampu mengatasi segala persoalan hidup (QS ath-Thalaq [65]: 4). Ketiga, kehidupan menjadi bersih. Manusia lahir dalam keadaan bersih (suci), tetapi jika tanpa panduan Alquran, kehidupan manusia menjadi kotor jiwanya, pikirannya, dan perbuatannya (QS al-A'raaf [7]: 96).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement