Senin 27 Mar 2023 15:30 WIB

Wahdah Inspirasi Zakat Sulsel Sebar 11 Da'i ke Daerah Pelosok

Wahdah Inspirasi Zakat berupaya menguatkan dakwah di daerah pelosok.

Ilustrasi dakwah di pedalaman.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi dakwah di pedalaman.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) Perwakilan Sulawesi Selatan menyebar 11 orang Da'i ke sejumlah daerah pelosok di Sulawesi Selatan melalui Program Tebar Da'i Nusantara.

Perwakilan DPW Wahdah Islamiyah Sulsel Ustad Djusran Bahtiar melalui keterangan pers, mengemukakan bahwa sebanyak 11 Da'i dikirim untuk berdakwah ke daerah pelosok.

Baca Juga

"Sesuai jumlah Da'i yang disebar ada 11 orang, mereka disebar ke 11 titik lokasi. Penempatan masing-masing 7 titik lokasi di Tana Toraja, 1 titik lokasi di Toraja Utara dan 3 titik lokasi di Luwu Utara," urainya di Makassar, Ahad (26/3/2023).

Program tersebut bertujuan menyiarkan dakwah di daerah minoritas Islam di Tana Toraja, Toraja Utara, dan Luwu Utara.

 

Terlebih, selama Ramadhan banyak masjid-masjid yang sangat membutuhkan imam dan penceramah.

"Menurut keterangan dari tokoh masyarakat di sana, banyak Masjid yang tidak melaksanakan shalat Jumat karena tidak adanya penceramah dan imam. Sama halnya di Bulan Ramadhan, ada banyak masjid yang tidak melaksanakan shalat tarawih karena tidak imam dan penceramah," ungkap Ustad Djusran.

Oleh karena itu, sebelum berangkat ke medan dakwah, WIZ telah membekali para Da'i materi-materi dakwah oleh Ustad Mursyidul Haq Hasta terkait mindset dakwah, pola komunikasi dakwah, sikap-sikap dai menghadapi tantangan dakwah dilokasi, dan materi fiqih khutbah.

Perwakilan dari DPW WI Sulsel Ustad Djusran Bahtiar dan Ustad Syarif juga memberikan tips dan materi penguatan-penguatan untuk dai yang akan diutus berdakwah selama Ramadhan.

"Semoga program tebar Da'i Ramadhan ini bisa berjalan lancar. Kita berharap dengan pengutusan Da'i ini bisa mengisi pos-pos yang sangat membutuhkan dai dan imam sholat Rawatib di sana, dan Da'i-dai kita juga bisa memperkuat pemahaman keislaman umat Muslim di sana, utamanya pembinaan Al Quran untuk anak-anak dan dewasa," ujar Ustadz Djusran Bahtiar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement