Selasa 09 May 2023 05:55 WIB

7 Daftar Kontroversi Panji Gumilang Pimpinan Al Zaytun yang tak Pernah Tersentuh

Panji Gumilang merupakan pendiri utama lembaga pendidikan Al Zaytun

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Pimpinan Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al-Zaytun, Panji Gumilang. Deretan kontroversi Panji Gumilang tak pernah tersentuh hukum apapun.
Foto:

4. Dukungan untuk Israel

Panji Gumilang juga secara terbuka mendukung dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel. Panji Gumilang melontarkan idenya tersebut saat menteri agama ketika itu Suryadharma Ali, bersilaturahim ke Ponpes Al Zaytun pada Ahad (25/3/2012) lalu.

Di hadapan Suryadharma Ali, Panji Gumilang berharap agar hal tersebut bisa terwujud. "Ini perkenalan dulu. Kita doakan saja semoga hubungan diplomatik dengan Israel bisa lancar,'' kata Gumilang bertempat di kediamannya.

Perkenalan yang dimaksud oleh Gumilang adalah sebuah lagu dari Israel. Lagu dengan irama bertempo cepat itu memiliki syair berbahasa Ibrani. Pelantunnya adalah empat gadis belia yang menjadi santri Al-Zaytun.

Gumilang berdalih dengan membuka hubungan maka Indonesia akan bisa mengambil peran untuk menciptakan perdamaian dunia. Ia juga menampik jika Israel disebut sebagai penjajah. "Israel itu bukan menjajah, tapi sedang membagi dua wilayah saja," ujar dia

5. Dugaan pelecehan seksual

Panji Gumilang juga pernah membuat kontroversi lantaran berurusan dengan kasus pelecehan seksual pada 2021 lalu.

Dia dilaporkan oleh mantan pegawainya berinisial K yang diduga dicabuli Panji Gumilang. Laporan polisi (LP) bernomor LP/B/212/II/2021 diajukan korban melalui tim kuasa hukumnya ke Polda Jabar.

Kuasa hukum pelapor, Djoemaidi Anom, mengatakan, K diduga menjadi korban pelecehan seksual Panji Gumilang.

"Awalnya korban bekerja di bagian marketing di Pasar Cikampek. Namun, kemudian dipindah ke Pesantren Al Zaytun. Sejak ditarik ke tempat baru inilah K menjadi korban pelecehan seksual. Ini dilakukan berulang-ulang hingga akhirnya korban membuat laporan polisi," ujar dia

6. Cari perkara dengan guru pesantren

Panji Gumilang juga pernah mencari perkara dengan guru-guru di Pesantren Al Zaytun. Dia akhirnya dipolisikan guru-guru pada 2017 lalu. Saat itu, Panji dinilai telah melakukan dugaan penghinaan dan pelecehan terhadap guru.

Adapun dugaan penghinaan dan pelecehan yang dilakukan Panji Gumilang yaitu menyuruh para guru membuat surat pengajuan untuk mengajar di tahun ajaran baru. Para guru keberatan dengan aturan ini

Baca juga: Pidato Panjang Panji Gumilang di Hadapan Jamaah Al Zaytun, Sebut Dirinya dengan Syekh

7. Dikaitkan dengan NII

Pada 2011 lalu, nama Panji Gumilang membuat heboh karena dikaitkan dengan gerakan Darul Islam/NII KW9. Namun, dia secara tegas membantah dirinya sebagai Abu Toto yang disebut sebagai petinggi NII KW 9. Saat diwawancara, dia juga menanggapi dengan mengatakan bahwa persoalan NII menurut sejarah Indonesia sudah selesai pada 1962.

Sementara itu, berdasarkan tulisan Martin Van Bruinessen (2008) berjudul "Traditionalist and Islamist pesantrens in contemporary Indonesia" diungkapkan bahwa Pesantren Al Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang memiliki hubungan yang kontroversial dengan gerakan radikal NII palsu.

 

Beberapa pengurus Pesantren Al Zaytun diduga memiliki keterlibatan dengan NII dan sebagian besar santri di pesantren ini juga berasal dari keluarga yang terkait dengan NII. Banyak media sudah menyoroti pesantren kontroversial yang dekat dengan Orde Baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement