Sabtu 06 May 2023 14:40 WIB

Jumlah Muslim Terus Naik, Kiprah Mereka Penting Bagi Pembangunan Inggris

Pemerintah Inggris memberikan pengayoman yang baik terhadap Muslim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Lampu merayakan festival Ramadhan Muslim ditampilkan di West End London, Inggris (23/3/2023). Jumlah Muslim Terus Naik, Kiprah Mereka Penting Bagi Pembangunan Inggris
Foto:

Muslim Inggris memainkan peranan penting dalam pembangunan Inggris. Sebut saja salah satunya adalah Sadiq Khan, yang sudah dua kali terpilih sebagai Wali Kota London.

Sejak 2016, ia adalah muslim pertama yang bisa memimpin London. Beberapa Muslim lainnya yang pernah menjabat wali kota di Inggris seperti Chauhdry Abdul Rashid pernah menjabat wali kota Birmingham, Mohammed Ajeeb pernah menjadi wali kota Bradford, Rokhsana Fiaz pernah menjadi wali kota Newham. 

photo
Muslim di Inggris sholat berjamaah di Stadion Ewood Park milik klub sepak bola Blackburn Rovers. - (About Islam)

Belum lagi sejumlah politikus Muslim yang berkiprah di parlemen Inggris, di antaranya Muhammad Yasin anggota parlemen buruh untuk Bedford, Yasmin Qureshi anggota parlemen buruh untuk Bolton Tenggara, dan lainnya.

Di bidang lainnya ada Asif Ahmad seorang diplomat Inggris yang menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Thailand dari November 2010 hingga Agustus 2012. Pada Juli 2013 ia menjadi Duta Besar Inggris untuk Filipina.

Ada juga Amjad Hussain seorang Muslim yang menjadi perwira senior Angkatan Laut Kerajaan. Dia adalah anggota tertinggi Angkatan Bersenjata Inggris dari etnis minoritas. Ada juga Tan Ikram, Muslim Inggris yang ditunjuk sebagai Hakim Distrik (Pengadilan Negeri) pada 2003, lalu ada Akhlaq Choudhury seorang Hakim Pengadilan Tinggi Inggris di Inggris dan Wales.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement