Kamis 13 Apr 2023 13:55 WIB

Catat, Ini Istilah Makanan yang Mengandung Babi, Lihat di Komposisi dan Ingredientnya

Umat Islam wajib menghindari makanan yang mengandung babi.

Burger dengan bacon dari Crazee Burger, restoran terkenal di San Diego, California, AS 28 August 2010. Di Amerika Serikat, bacon identik dengan daging babi.
Foto: EPA/MIKE NELSON
Burger dengan bacon dari Crazee Burger, restoran terkenal di San Diego, California, AS 28 August 2010. Di Amerika Serikat, bacon identik dengan daging babi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Umat Islam wajib menghindari makanan yang mengandung babi. Nah makanan yang seperti itu memiliki sejumlah istilah. Apa saja istilah tersebut? Berikut adalah hasil penelusuran Republika.

1. Pork

Baca Juga

Istilah umum dan sudah sejak lama diketahui banyak orang adalah pork. Ini maksudnya adalah daging babi. Dari namanya saja sudah kelihatan kan kalau makanan ini terbuat dari daging babi.

2. Bacon

Kemudian ada juga istilah bacon yang banyak dipakai sebagai sebutan daging babi yang diasapkan. Biasanya berwarna agak kemerahan dan ada juga yang dibuat krispi 

3. Swine

Lalu ada istilah swine, yaitu sebutan untuk daging babi dari semua jenis babi yang ada.

4. Char Siu

Kalau kamu biasa melihat potongan daging berwarna merah muda dan banyak disajikan di lapo, ini namanya char siu. Makanan ini terbuat dari daging babi yang dimasak merah atau biasanya juga dipakai untuk menu barbecue. Kalau kamu menemukan makanan dengan nama char siu di dalamya, kemungkinan besar makanan ini mengandung babi.

Cu Nyuk

Memang istilah ini terdengar lucu. Biasanya jenis masakan daging babi ini banyak ditemukan dalam makanan seperti bubur dan siomay. Banyak lho yang tidak tau kalau Cu Nyuk adalah sebutan untuk daging babi dalam masakan siomay, sehingga banyak orang yang memakannya. Hati-hati, ya!

Yakibuta

Salah satu makanan yang juga seringkali menambahkan daging babi sebagai toppingnya adalah ramen. Sebutan potongan daging babi ini biasanya disebut yakibuta. Makanya, lebih jeli dalam membaca buku menu makanannya, ya!

7. Dwaeji

Dalam bahasa Korea, daging babi disebut dengan nama dwaeji. Biasanya, daging babi ini banyak ditemukan dalam menu makanan seperti bulgogi atau galbi. Buat yang suka makan makanan khas Korea dan memang tidak makan daging babi, jangan sampai salah pesan menunya, ya! Masih banyak kok menu lainnya yang menggunakan daging ayam dan sapi.

8. Tonkotsu

Kuah ramen yang mengandung lemak dan tulang babi disebut dengan tonkotsu. Biasanya kuahnya berwarna putih. Banyak yang mengaku kalau kuah tonkotsu ini sangat gurih dan enak, sehingga tidak heran kalau banyak yang menyukainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement