Kamis 13 Apr 2023 13:38 WIB

Ini Dia Ciri Bakso Daging Sapi

Hampir semua orang Indonesia menyukai bakso.

Semangku bakso (ilustrasi). Untuk membedakan antara bakso sapi, babi, dan tikus ada beberapa ciri yang bisa dikenali oleh umat Islam.
Foto: www.freepik.com
Semangku bakso (ilustrasi). Untuk membedakan antara bakso sapi, babi, dan tikus ada beberapa ciri yang bisa dikenali oleh umat Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Siapa yang tak suka bakso? Boleh dibilang 90 persen orang Indonesia pasti suka bakso. 

Karena kebanyakan orang Indonesia adalah Muslim, maka bakso yang dikonsumsi kebanyakan adalah bakso dengan bahan baku utama daging sapi. Kemudian pembuatannya tidak menggunakan bahan makanan yang haram untuk menjaga kehalalan makanan yang dibuat.

Baca Juga

Nah terkadang ada saja isu yang beredar bahwa bakso di tempat tertentu dibuat dengan bahan baku selain daging sapi, bahkan dibuat dengan bahan yang tidak halal. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran banyak orang. Mereka menjadi khawatir mengonsumsi bakso. 

Nah apa saja ciri bakso dengan bahan baku daging sapi? Berikut adalah ulasannya.

 

1. Meski dari luar terlihat kecoklatan atau keabu-abuan, bagian dalam bakso biasanya ada warna kemerah-merahan. Ini adalah ciri umum bakso berbahan daging sapi.

2. Selain warna dan tekstur bakso, kita dapat mengenali bakso dengan bahan daging sapi dengan aromanya. Coba cium saja bakso yang belum tercampur dengan kuah, pasti memiliki aroma sapi yang menyengat.

3. Akan lebih aman lagi bila rumah makan bakso sudah tersertifikasi halal, sehingga ada jaminan bahwa bakso yang dijual sudah pasti halal dengan komposisi daging sapi.

Sementara itu, bila bakso dibuat dengan daging lain, maka biasanya berwarna pucat, tidak ada kemerahannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement