Kamis 13 Apr 2023 02:28 WIB

Bupati Bekasi Rencanakan Bangun Masjid di Tengah Kawasan Industri

Masjid bukan hanya sarana ibadah, tapi juga pusat kegiatan segala aspek kehidupan.

Ilustrasi masjid.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BEKASI -- Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mencanangkan pembangunan masjid di tengah kawasan industri Desa Cibatu, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Di sinilah kita akan menabung amal kebaikan, memberikan santunan kepada anak yatim, menggalang 'charity' (amal) dan juga pemberdayaan masyarakat lain," katanya dalam keterangan tertulis di Bekasi, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Pencanangan itu sendiri dilakukan pada Selasa petang (11/4).

Dani mengatakan pembangunan masjid di tengah kawasan industri tersebut diharapkan menjadi oase spiritual bagi masyarakat, mengingat kawasan industri memiliki aktivitas yang sangat padat dalam keseharian.

Masjid bukan hanya sarana ibadah, tapi juga pusat kegiatan segala aspek kehidupan sosial masyarakat.

"Kita harapkan dari bangunan masjid ini mengalir rahmat dan keberkahan agar semua urusan kita baik di duniawi (bisnis, industri, perumahan) juga urusan akhirat menjadi bekal diberi kelancaran," katanya.

Dirinya mengaku pencanangan pembangunan masjid ini juga merupakan wujud tanggung jawab pemerintah daerah dalam memenuhi hak beragama warga yakni melalui penyediaan fasilitas ibadah.

"Kita sudah memberikan pelayanan yang proporsional terhadap umat beragama, haknya kita penuhi sesuai konstitusi," katanya.

Pembangunan masjid di atas lahan seluas 8.000 meter persegi itu diharapkan dapat segera direalisasikan.

Ia meminta aparatur perangkat setempat segera membentuk struktur kepanitiaan pembangunan sehingga dapat melakukan penggalangan dana agar dalam waktu dekat segera terwujud.

"Prioritasnya hari ini adalah merevitalisasi kepanitiaan agar nanti segera bergerak mencari pendanaan, walaupun dari pemda untuk tahun ini belum ada anggaran tapi kami optimis swadaya ataupun infak-sedekah masyarakat jamaah sekitar kawasan industri ini dapat membantu pembangunan masjid," katanya.

Dani Ramdan mengaku momentum pencanangan masjid yang bersamaan dengan penyerahan izin bangunan Gereja Paroki diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri masyarakat.

"Membangun masjid bergandengan dengan gereja atau tempat ibadah lain, dari situ kita bisa menanamkan nilai Pancasila," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement