Selasa 11 Apr 2023 14:45 WIB

Gubernur Serahkan Zakat ASN Kolaka Utara Rp 2,7 M

Zakat menjadi kekuatan ekonomi yang menyimpan potensi besar.

Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi menyerahkan bantuan dana hibah secara simbolis berupa zakat profesi yang dihimpun dari dana Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kolaka Utara (Kolut) sebesar Rp 2,7 miliar.

Rilis juru bicara Gubernur Sultra yang diterima di Kendari, Ahad, menyebutkan penyerahan bantuan zakat profesi merupakan program pemerintah kabupaten Kolaka Utara yang sudah beberapa tahun secara berkesinambungan, di mana setiap ASN wajib mengeluarkan zakat penghasilan dari gaji setiap bulan sebesar 2,5 persen.

Baca Juga

Gubernur Ali Mazi hadir di Kabupaten Kolaka Utara, sekaligus sebagai rangkaian kunjungan kerja dan safari Ramadhan 1444 hijriah tahun 2023 masehi yang didampingi Sekda Provinsi Asrun Lio dan beberapa pejabat eselon dua provinsi.

Menurut orang nomor satu Sultra itu, bantuan simbolis zakat profesi ASN di Kolaka Utara merupakan bagian dari bukti nyata dan upaya berkelanjutan pemerintah Kolut dalam rangka memfasilitasi umat Islam menunaikan kewajiban berzakat.

"Atas nama Pemprov Sultra menyambut baik dan terima kasih dari seluruh ASN di Kolut yang secara bersinergi melaksanakan kegiatan menunaikan zakat profesi ASN. Hal ini juga sebagai salah satu upaya untuk taat kepada kewajiban agama dan sekaligus wujud implementasi 'AMAN' (Ali Mazi-Lukman Abunawas) dengan salah satu program unggulan yang Sultra Beriman," ujar Ali Mazi.

Pj. Bupati Kolaka Utara, Parinringi, mengatakan dana sebesar itu merupakan akumulasi dari zakat penghasilan dari sebanyak 3.442 ASN di Kolaka Utara yang dikumpulkan pengurus Baznas Kolut.

"Pada akhir bulan Maret tahun 2023 ini, sesuai laporan dari pengurus BAZNAS Kolut, telah dihimpun dana zakat sebesar Rp2,7 miliar dari ASN yang kemudian disalurkan kepada 3.649 orang fakir dan miskin serta marbot masjid se-Kabupaten Kolut.

"Semoga bantuan ini bernilai ibadah bagi ASN yang telah mengeluarkan zakat hartanya. Dan saya berharap pula semoga dapat bermanfaat buat keluarga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," kata Parinringi.

Dalam rangkaian Safari Ramadhan Gubernur Sultra selain menyerahkan bantuan pada penerima asnap fakir,miskin dan marbotmasjid, juga kepada 10 masjid, yakni Mesjid At-Taubah beralamat Desa Latawaro Kecamatan Lambai, Masjid Raya Baiturrahim di Kelurahan Mala-mala, Kecamatan Kodeoha. Mesjid Nurul Mukhlisin di Desa Lalowatu, Kecamatan Ngapa, Masjid Al-Amiin di Desa Beringin, Kecamatan Ngapa.

Kemudian, masjid At-Taqwa di Kelurahan Ola-Oloho, Kecamatan Pakue, masjid An-Nur di Desa Maruge, Kecamatan Katoi.

Kemuduan, masjid Nurul Yaqin di Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Batu Putih, Mesjid Syuhada di Desa Ponggiha, Kecamatan Lasusua, masjid Pesantren Al-Islam Leombo di Desa Pomalaa, Kecamatan Pakue Tengah dan Pondok Pesantren Maqdis di Kolaka Utara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement