Senin 10 Apr 2023 11:53 WIB

Waspada! Tak Hanya Masjid Blok M, Pelaku Pasang Stiker QRIS Palsu di Sejumlah Masjid

Pada stiker tersebut tertulis Restorasi Masjid.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung melakukan ibadah di Masjid Nurul Iman, Blok M, Jakarta. Waspada! Tak Hanya Masjid Blok M, Pelaku Pasang Stiker QRIS Palsu di Sejumlah Masjid
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Pengunjung melakukan ibadah di Masjid Nurul Iman, Blok M, Jakarta. Waspada! Tak Hanya Masjid Blok M, Pelaku Pasang Stiker QRIS Palsu di Sejumlah Masjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Modus penipuan baru berbentuk infak digital menggunakan kode QRIS yang terpasang pada kotak amal oleh seorang pria tak dikenal tidak hanya terjadi di Masjid Nurul Iman Blok M Square, Jakarta Selatan. Menurut keterangan marbut Masjid Nurul Iman Blok M Square, pelaku ternyata juga melakukan aksinya di beberapa masjid di Jakarta.

"Bukan masjid ini saja, saya dapat laporan itu sudah beberapa masjid yang ditempel QRIS oleh orang itu. Informasi yang saya dapat, terjadi juga di Masjid Nurullah Kalibata, Masjid Raya Pondok Indah, dan Masjid Istiqlal Jakarta," kata Carmita kepada Republika.co.id di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga

Carmita mengatakan para pengurus DKM Masjid Nurul Iman awalnya merasa janggal dengan stiker infak digital QRIS yang terpasang pada sejumlah kotak amal masjid. Setelah diselidiki ternyata stiker infak digital QRIS itu dipasang oleh seorang pria tak dikenal. 

 

Pria tersebut melancarkan aksinya pada Kamis (6/4/2023) pada pukul 10.30 WIB. Namun pengurus DKM Masjid Nurul Iman Blok M, baru mengetahuinya pada Ahad (9/4/2023) setelah menemukan kejanggalan pada kotak amal dan melihat CCTV. 

Pada stiker tersebut tertulis Restorasi Masjid. Menurut Carmita, stiker tersebut juga ditempel pria tersebut di kaca lift dan dinding masjid. Saat ini, pengurus masjid pun telah melaporkan kejadian itu kepada aparat kepolisian. 

Sementara itu video pria tak dikenal yang memasangi sejumlah kotak amal masjid dengan stiker infak digital QRIS telah beredar di media sosial dan mengundang kecaman dari warganet. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Republika Online (@republikaonline)

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement