Senin 10 Apr 2023 11:46 WIB

Viral Penipuan Modus Baru, Kotak Amal Masjid Blok M Dipasangi QRIS Palsu

Kini pria itu pun tengah dalam pencarian aparat kepolisian.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi. Modus baru penipuan dengan menempel QRIS palsu di masjid. Viral Penipuan Modus Baru, Kotak Amal Masjid Blok M Dipasangi QRIS Palsu
Foto: Dok Republika
Ilustrasi. Modus baru penipuan dengan menempel QRIS palsu di masjid. Viral Penipuan Modus Baru, Kotak Amal Masjid Blok M Dipasangi QRIS Palsu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Waspadalah terhadap modus penipuan baru berbentuk infak digital menggunakan kode QRIS yang terpasang pada kotak amal. Beberapa waktu lalu, kamera pengawas (CCTV) Masjid Nurul Iman Blok M, Jakarta Selatan merekam aktivitas seorang pria tak dikenal yang memasang sejumlah stiker QRIS palsu bertuliskan infak restorasi masjid pada sejumlah kotak amal di Masjid Nurul Iman Blok M.

Kini pria itu pun tengah dalam pencarian aparat kepolisian. Sekretaris Masjid Nurul Iman Blok M Habibi Katin mengatakan pria tersebut melancarkan aksinya pada Kamis (6/4/2023) pada pukul 10.30 WIB. Namun, pengurus DKM Masjid Nurul Iman Blok M, baru mengetahuinya pada Ahad (9/4/2023) setelah menemukan kejanggalan pada kotak amal dan melihat CCTV.  

Baca Juga

 

"Kami lihat ada keanehan saja, biasanya di kotak-kotak infak itu nggak ada stiker QRIS, terutama kotak bagian luar. Nah, ini ada stiker asing, kami curiga dan periksa semua kotak dan tiang-tiang serta dinding masjid, ternyata ada banyak stiker QRIS yang mencurigakan itu," kata Habibi kepada Republika.co.id, Senin (10/4/2023). 

Setelah ia memastikan stiker itu bukan punya masjid, maka ia melepas semua. "Setelah itu kami cek CCTV untuk mengetahui pelaku yang nempel stiker dan ketahuan," katanya.

Pengurus DKM Masjid Nurul Iman pun telah melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Jakarta Selatan. Sementara itu, marbut Masjid Nurul Iman Blok M Square, Carmita mengatakan perbuatan pria tersebut meresahkan. Ia berharap aparat segera menangkap pria tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement