Senin 06 Mar 2023 17:00 WIB

Relawan Muslim Detroit Mengemas Bantuan Bahan Pokok untuk Ramadhan

Masyarakat akan mendapat bantuan makanan saat bulan Ramadhan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Jamaah menikmati makanan berbuka puasa di Masjid London Timur, Inggris selama Ramadhan 2022.
Foto: Rehan Jamil/East London Mosque
Jamaah menikmati makanan berbuka puasa di Masjid London Timur, Inggris selama Ramadhan 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT – Para relawan Muslim di kota Detroit Amerika Serikat sibuk mempersiapkan berbagai macam bantuan yang akan dibagikan pada masyarakat selama bulan suci Ramadhan.

Seperti dilansir the Detroit News pada Senin (6/3/2023) para relawan  mengemas lebih dari 1.000 kotak bahan pokok pada  Ahad (5/3/2023) untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan makanan tambahan selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga

Para relawan dari Islamic Relief USA bermitra dengan Pusat Islam Detroit mengemas kotak bahan pokok berisi beras, tepung, pasta, gula, dan lebih dari selusin barang tahan lama lainnya untuk keluarga di komunitas yang akan berpuasa selama Ramadhan.

“Ada keluarga yang bekerja tetapi mereka menghasilkan cukup uang untuk membayar sewa atau membayar belanjaan tetapi tidak cukup untuk melakukan keduanya, jadi kami menugaskan ini kepada keluarga berpenghasilan rendah dan keluarga pengungsi, sehingga ketika mereka berbuka puasa mereka memiliki sesuatu untuk berbuka puasa," kata Wismah Siddiqui, koordinator relawan organisasi tersebut.

Sekitar 80 sukarelawan bergabung dalam pengepakan makanan di pusat Detroit. Mereka menyusun kotak, menambahkan bahan makanan, memasukkan kotak ke palet, dan melakukan pekerjaan lain untuk mencapai target 1 000 kotak.

Setiap kali para relawan menyelesaikan satu palet berisi 28 kotak, mereka bertepuk tangan dan bersorak. Abdul Kader Azrak, 19 tahun, adalah seorang donatur  ke Islamic Relief sebelumnya dan kini dia menjadi sukarelawan. Dia menempelkan kotak yang sudah selesai untuk mengamankannya di palet.

"Mereka mengatakan itu untuk kemasan Ramadhan dan saya seperti, 'Mengapa tidak? Saya luang. Saya akan datang dan membantu," kata Azrak, yang keluarganya berasal dari Suriah.

Islamic Relief USA adalah lembaga kemanusiaan nirlaba. Layla Zedan dari Canton Township membuka kotak kecil bersama ketiga anaknya sebagai bagian dari jalur perakitan.

"Ini adalah pertama kalinya kami di sini. Ayah saya datang ke masjid ini sekitar 20 tahun yang lalu. Kami sangat senang berada di sini. Anak-anak sangat senang," kata Zedan, 41.

Organisasi nasional membeli barang-barang yang tidak mudah rusak melalui donasi dan akan memberikan makanan kotak kepada organisasi nirlaba lokal. Hadiah itu bahkan lebih penting, dengan inflasi dan pemotongan tunjangan untuk program nutrisi. Kotak-kotak bahan pokok tersebut akan didistribusikan pada hingga minggu pertama Ramadhan

"Kami melakukan ini setiap tahun, tetapi kami menambah jumlah kotak tahun ini karena lebih banyak keluarga yang membutuhkan. Kami juga meningkatkan jumlah proyek secara nasional," kata Siddiqui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement