Ahad 05 Mar 2023 00:05 WIB

Yuk Simak, Tips Jalani Ramadhan Lebih Baik Tahun Ini

Puasa Ramadhan adalah kesempatan pelatihan pengendalian diri yang baik.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Orang-orang berbuka puasa dengan latar belakang Masjid Sultan Ahmed yang ikonik, lebih dikenal sebagai Masjid Biru, dihiasi dengan lampu dan slogan bertuliskan Ramadhan adalah cinta, menandai bulan Ramadhan, di distrik bersejarah Sultan Ahmed di Istanbul, Turki. Yuk Simak, Tips Jalani Ramadhan Lebih Baik Tahun Ini
Foto:

Dari 'Abdullah bin 'Amr bin Al 'Ash, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." Nabi menggambarkan bulan puasa sebagai bulan kesabaran, karena puasa mengajarkan bagaimana mengendalikan diri dan keinginannya.

Ia juga menyebut setiap Muslim harus melakukan yang terbaik, untuk menjadikan bulan Ramadhan nanti sebagai peristiwa penting tahun ini. Haredy mengajak setiap orang untuk membuat target kepada diri sendiri, seperti doa agar semua dosa yang ada diampuni oleh Allah SWT dan diselamatkan dari api neraka.

Banyak orang mengatakan Rajab adalah bulan menanam benih, Sya`ban adalah bulan menyiram benih, dan Ramadhan adalah musim panen. Karena itu, ia mengajak setiap Muslim untuk memikirkan hal apa yang akan dipanen di bulan Ramadhan, serta mulai menanam dan merawatnya di Rajab dan Syaban.

Sebuah riwayat dari Anas bin Malik, ketika tiba bulan Rajab Rasulullah SAW biaanya berdoa, "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan."

"Ingatlah selalu di bulan Ramadhan pahala dilipatgandakan, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan dosa diampuni. Yakinlah akan rahmat Allah, bagi umat Islam yang menjalankan puasa dengan setia dan menghindari melakukan dosa sepenuhnya," ujar Haredy.

Ia pun mencoba berbagi tips tentang bagaimana menjadikan Ramadhan sebagai bulan terbaik tahun ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement