Jumat 03 Mar 2023 08:18 WIB

Selangor Tunjuk Pengurus Masjid Wanita Pertama

Momen ini seolah mengangkat derajat perempuan untuk bekerja sebagai pengurus masjid.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Masjid di Selangor, Malaysia. Selangor Tunjuk Pengurus Masjid Wanita Pertama
Foto: Malay Mail
Masjid di Selangor, Malaysia. Selangor Tunjuk Pengurus Masjid Wanita Pertama

REPUBLIKA.CO.ID, KLANG -- Presiden dan wakil rektor Universitas Infrastruktur Kuala Lumpur (IUKL) Profesor Datuk Noor Inayah Yaa'kub menjadi wanita pertama di Selangor yang diangkat sebagai nazir masjid (pengelola). Hadir dalam pengukuhannya, Raja Muda dari Selangor Tengku Amir Shah.

Noor Inayah akan menjadi nazir di Masjid Ikram IUKL di Bandar Baru Bangi. Ia menerima surat pengangkatannya dari Sultan Selangor Sultan Sharafuddin Idris Shah, acara penyerahan surat pengangkatan di Balairung Seri Istana Alam Shah, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Wanita berusia 53 tahun ini mengucapkan terima kasih atas penunjukan tersebut. Momen ini disebut sebagai kesempatan langka, yang mana seorang perempuan diangkat sebagai nazir masjid di negara bagian.

Tidak hanya itu, ia menggambarkan momen ini seolah mengangkat derajat perempuan untuk bekerja berdampingan dengan anggota pengelola masjid yang lain.

 

“Kami melihat pengurus masjid tidak membatasi jika perempuan menjadi pemimpin dan mungkin ini sangat jarang. Tapi saya mendapat dukungan penuh dari teman-teman saya yang lebih berilmu, para imam yang ditunjuk (saat ini) dan nazir lainnya," kata dia, dikutip di Malay Mail, Jumat (3/3/2023).

Noor Inayah juga menjabat sebagai anggota Panitia Baitulmal Selangor. Ia mengatakan pengangkatannya sebagai nazir masjid merupakan tanggung jawab besar, untuk menjembatani kesenjangan antara mahasiswa IUKL dengan masyarakat setempat.

“Karena saya nazir masjid di sebuah lembaga, selain santri yang menerima ilmu di sana, hubungan masyarakat setempat juga perlu diutamakan. Kita tidak ingin masjid ini hanya (terdiri dari) santri yang belajar di lembaga tersebut," lanjut dia.

Setelah dipercaya sebagai nazir, ia berharap masyarakat setempat bisa lebih dekat dengan civitas akademika dan mahasiswa di universitas, sekaligus menjembatani kesenjangan dengan jamaah masjid lainnya. Noor Inayah merupakan salah satu dari 1.256 imam dan nazir masjid di Selangor, yang menerima surat pengangkatan mereka Kamis kemarin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement