Kamis 23 Feb 2023 21:31 WIB

Sudah Lama Terlanjur Tinggalkan Sholat, Apa yang Harus Dilakukan? Perhatikan 4 Hal Berikut

Terkadang seseorang berat melakukan sholat lima waktu karena beberapa faktor

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Sholat berjamaah (Ilustrasi) Terkadang seseorang berat melakukan sholat lima waktu karena beberapa faktor
Foto:

Kedua, manusia diciptakan lemah. Allah SWT berfirman dalam surat An Nisa ayat 28 sebagai berikut:  

يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُخَفِّفَ عَنْكُمْ ۚ وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا “Allah hendak memberikan keringanan kepadamu dan manusia diciptakan (dalam keadaan) lemah.”  

Manusia diciptakan lemah jadi terkadang kita pasti tersandung. Tidak seperti Allah SWT, manusia tidaklah sempurna, kita semua membuat kesalahan dan melakukan hal-hal yang mungkin kita sesali di kemudian hari. Itu adalah bagian alami dari kehidupan, tumbuh, dan menjadi lebih bijaksana  

Ketiga, salah satu nama Allah SWT adalah Al-Ghaffar , yang berarti Yang Mahapengampun dan Yang berulang-ulang memaafkan. 

Allah SWT tidak hanya mengampuni orang sekali saja, Allah SWT akan mengampuni orang berulang kali.

Tidak ada batasan berapa kali seseorang diperbolehkan untuk meminta pengampunan dari Allah SWT karena Allah SWT akan selalu mengampuni.

Keempat, mulai sholat bertahap. Seseorang yang sulit untuk kembali melakukan kebiasaan sholat lima waktu. Hal pertama yang dapat diakukan adalah berniat kepada Allah SWT bahwa akan berusaha sebaik mungkin dalam menjaga sholat lima waktu dan meminta Allah SWT untuk membantu memudahkannya.  

Baca juga: Sujud Syukur dan Kekalahan Pertama yang Tewaskan Puluhan Ribu Tentara Mongol di Ain Jalut

 

Mulailah dari yang kecil, berkomitmen untuk sholat setidaknya satu kali sehari. Setelah terbiasa menguasainya, tambahkan yang lain, dan seterusnya sampai dapat melakukan sholat lima waktu tepat waktu. 

Berterima kasih dan pujilah diri sendiri karena tetap berada di jalur yang benar. Untuk menjaga shalat bisa dengan mencari teman sholat berjamaah agar dapat membantu. Bisa meminta teman atau orang yang dipercayai. 

Jika kesulitan sholat tepat waktu, mungkin bisa meminta mereka untuk menelepon atau mengirimkan pesan untuk mengingatkan jika sudah waktunya sholat.

 

 

Sumber: aboutislam  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement