Kamis 16 Feb 2023 14:39 WIB

Dubai Siapkan Expo Hai Ramadhan Selama 50 Hari

Dubai akan menyambut kedatangan Ramadhan dengan suka cita.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kemeriahan Ramadhan.
Foto: The Truth Seeker Media
Ilustrasi kemeriahan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Kota Dubai tengah merencanakan kegiatan pameran berjudul “Hai Ramadhan” untuk menyambut hadirnya bulan suci. Acara yang berlangsung dari 3 Maret hingga 25 April 2023 ini akan menghadirkan suasana yang mempesona, serta sajian makanan lezat dan aktivitas menarik.

Executive Creative Director Expo City Dubai, Amna Abulhoul, menyebut agenda kali ini sama seperti Expo 2020 Dubai, yang berupaya menyatukan dunia dalam satu tempat.

Baca Juga

"Hai Ramadan Expo City Dubai akan menyatukan komunitas yang berbeda dari seluruh penjuru selama bulan suci. Kami sangat senang pengunjung dapat menikmati beberapa tradisi Ramadhan paling terkenal di dunia dalam satu tujuan," ucap dia dikutip di WAM, Kamis (16/2/2023).

Kegiatan ini mencoba mengangkat interpretasi pengalaman dari kata 'hai', yang dalam bahasa Arab memiliki arti ganda “lingkungan” dan “selamat datang”.

Expo selama lebih dari 50 hari ini akan dimulai pada 3 Maret, akhir pekan sebelum perayaan Haq Al Laila di UEA, sebagai persiapan awal Ramadhan dua minggu kemudian.

Dalam penjelasan pihak penyelenggara, disebut Hai Ramadhan akan mengajak pengunjung dalam perjalanan budaya, yang mana mereka dapat berbagi pengalaman unik dari seluruh dunia Islam.

Ada serangkaian hal yang bisa dinikmati pengunjung, mulai dari masakan daerah hingga gastronomi internasional dan jajanan pinggir jalan yang menggoda. Pengunjung juga akan memiliki kesempatan memanjakan diri dengan berbagai makanan dan minuman, yang mencerminkan kegembiraan berbuka puasa dan berbagi makanan dengan orang tersayang selama bulan suci.

Lebih lanjut, umat Muslim dapat mengakses masjid yang disediakan khusus di lokasi, termasuk untuk shalat Isya dan tarawih dan tahajud. Setelah shalat Tarawih, pendongeng akan membangkitkan seni Arab kuno Hakawati, menceritakan cerita rakyat dan kisah petualangan, budaya, agama dan moralitas.

Selain itu, Misaharati dari Expo City Dubai akan membangunkan Muslim dengan cara menabuh dan bernyanyi secara tradisional sebelum fajar, untuk sahur. Langkah ini menjadi salah satu upaya mereka dalam merayakan pengalaman tradisi kuno sepanjang hari.

Untuk mempromosikan gaya hidup sehat, Expo City Dubai akan menyelenggarakan turnamen olahraga untuk orang dewasa. Disediakan zona khusus yang menampilkan permainan, kebugaran dan aktivasi kesehatan, untuk orang-orang dari semua tingkat aktivitas.

Expo Hai Ramadan ini akan berlangsung mulai pukul 16:00 hingga 10:00 waktu setempat saat sebelum bulan Ramadhan, dan mulai pukul 17:00 hingga 02:00 waktu setempat selama Ramadhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement