Rabu 15 Feb 2023 16:07 WIB

Baznas Siak Bantu Pengobatan Anak Gagal Hati Senilai Rp 99,5 Juta

Baznas Siak berkomitmen memberdayakan mustahik zakat.

Logo Baznas.
Foto: blogspot.com
Logo Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Siak, Provinsi Riau menyerahkan bantuan biaya pengobatan senilai Rp50 juta dari Rp99,5 juta yang telah diberikan kepada warga Dusun Merambai, Teluk Mesjid, yang menderita gagal hati (Atresiabiler), Muhammad Ammar Fathan (2).

Ketua Baznas Siak Samparis Bin Tatan menyampaikan ini merupakan bantuan yang kesekian kalinya untuk pasien gagal fungsi hati tersebut. Total dana yang telah disalurkan sebesar Rp99,5 juta yang dikumpul dari para pembayar zakat penghasilan.

"Anak kita Muhamad Amar Fathan sudah 1,6 bulan menjalani perawatan. Kabar terbaru, salah satu untuk menyelamatkan Ammar, rumah sakit menyarankan harus dilakukan transplantasi hati (cangkok hati)," katanya di Siak Selasa (15/2/2023).

Ibu Amar bersedia dilakukan cangkok hati, namun harus skrining dulu yang biayanya hampir Rp130 juta. Kendala di sini untuk tindakan operasi transplantasi ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, sementara biaya skrining tidak.

Ibu dari Muhamad Amar Fathan, Neni Sri Wahyuni didampingi mertuanya, Syamsuar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas yang telah membantu mereka. Dana bantuan yang telah diterima akan digunakan untuk menambah biaya skrining hati.

"Awal terdeteksinya penyakit langka ini berupa gagal fungsi hati (Atresiabilier) yang sedang dialami oleh putranya ketika dibawa ke rumah sakit Siak. Dari hasil pemeriksaan, diketahui penyakit gagal fungsi hati merupakan penyakit bawaan sejak lahir," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri mengaku prihatin atas kondisi yang dialami Ammar. Ia berharap semoga dengan bantuan Program Siak Sehat dari Baznas ini sedikit dapat meringankan beban keluarga.

Sebelumnya, Bupati Alfedri mengaku pernah menyambangi Muhammad Ammar Fathan di Mes Pemda Riau di Jakarta Pusat. Saat itu Ammar akan berobat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta pada 2 Desember 2021.

"Kita berharap dengan bantuan ini paling tidak dapat membantu meringankan beban keluarga ananda Ammar dalam membiayai pengobatannya. Semoga anak kita ini diangkat penyakitnya, Aamin," ucap Alfedri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement