Selasa 07 Feb 2023 18:39 WIB

WZWF Serukan Lembaga Zakat dan Wakaf Sedunia untuk Korban Gempa Turki

WZWF mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia tunjukkan komitmen

World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mengajak lembaga-lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk berperan aktif dalam membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah. WZWF, sebagai sebuah forum sinergi antara organisasi pengelola zakat, praktisi, akademisi dan stakeholder zakat dan wakaf lainnya, memiliki perhatian mendalam dalam krisis akibat bencana gempa bumi yang saat ini terjadi di Turki dan Suriah.
Foto: Dok Baznas
World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mengajak lembaga-lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk berperan aktif dalam membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah. WZWF, sebagai sebuah forum sinergi antara organisasi pengelola zakat, praktisi, akademisi dan stakeholder zakat dan wakaf lainnya, memiliki perhatian mendalam dalam krisis akibat bencana gempa bumi yang saat ini terjadi di Turki dan Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gempa berkekuatan 7,8 SR mengguncang Gaziantep wilayah tengah Turki pada Senin, 6 Februari 2023 pukul 4.17 dini hari waktu setempat. Survei Geologi Amerika Serikat mengemukakan bahwa gempa berkekuatan 7,8 SR ini terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) di kedalaman 17,9 km (11 mil) di dekat Kota Gaziantep.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki (AFAD), setidaknya 2.379 orang di Turki tewas, beberapa ribu lainnya luka-luka serta setidaknya 5.606 bangunan runtuh. Gempa ini juga menimbulkan banyak korban jiwa di Suriah, setidaknya 1.451 orang tewas. Menurut agen berita nasional Suriah (SANA), sebanyak 711 orang tewas sebagian besar berada di daerah Aleppo, Hama, Latakia, dan Tartus.

Baca Juga

World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mengajak lembaga-lembaga zakat dan wakaf sedunia untuk berperan aktif dalam membantu korban gempa bumi di Turki dan Suriah. WZWF, sebagai sebuah forum sinergi antara organisasi pengelola zakat, praktisi, akademisi dan stakeholder zakat dan wakaf lainnya, memiliki perhatian mendalam dalam krisis akibat bencana gempa bumi yang saat ini terjadi di Turki dan Suriah.

Untuk itu, WZWF mengajak seluruh organisasi zakat di seluruh dunia menunjukkan komitmennya untuk memberikan bantuan kepada korban gempa.

WZWF juga menyerukan kepada semua pihak, khususnya negara-negara anggota WZWF, untuk berdiri bersama dalam usaha memberikan bantuan darurat dan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang terkena dampak gempa bumi di Turki dan Suriah.

Zakat, Infaq, Wakaf dan Sedekah dimaksudkan untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan kesejahteraan sosial, sehingga, sebagai lembaga zakat dan wakaf global, WZWF sangat perlu mengambil tindakan dan menanggapi tragedi ini:

1. Menyadari World Zakat and Waqf Forum (WZWF) sebagai forum utama ditingkat global untuk koordinasi dan kolaborasi strategis serta pengembangan zakat dan wakaf dunia;

2. Mengungkapkan keprihatinan paling serius tentang dampak kemanusiaan dan risiko yang ditimbulkan oleh efek jangka pendek dan jangka panjang dari gempa bumi yang baru terjadi di Turki dan Suriah, termasuk pada kebutuhan darurat bagi para korban kemanusiaan, termasuk mereka yang berada dalam situasi dan keadaan yang rentan dan siap untuk merespons dan berperan aktif dalam pemulihan pasca bencana;

3. Menekankan bahwa perempuan, penyandang disabilitas, orang tua, anak-anak dan remaja yang seringkali terkena dampak yang paling besar dalam bencana alam, perlu diprioritaskan dalam pemberian bantuane terutama terkait kebutuhan-kebutuhan spesifik dan ditangani dengan tanggap dan cepat;

4. Menekankan perlunya semua pihak untuk memastikan bahwa respon dan tanggapan tersebut disesuaikan dengan konteks dan sistem di daerah masing-masing, termasuk dengan mengembangkan keahlian dan kapasitas lokal untuk turut serta membantu korban kemanusiaan di Turki dan Suriah;

5. Menyerukan kepada semua negara anggota untuk mengatur dan memprioritaskan distribusi zakat dan dana sosial Islam lainnya untuk korban bencana di Turki dan Suriah.

World Zakat and Waqf Forum (WZWF) mendorong semua anggota WZWF dan seluruh masyarakat Muslim dunia untuk berdoa kepada Allah SWT untuk melindungi dan memberikan keselamatan bagi saudara-saudara kita di Turki dan Suriah serta melimpahkan Rahmat dan Berkah-Nya kepada semua yang terkena musibah.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement