Jumat 03 Feb 2023 09:30 WIB

Warga Protes Alih Fungsi Gedung Akuntan Jadi Masjid di London

Warga London keberatan rencana alih fungsi sebuah kantor akuntan menjadi masjid.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Warga Protes Alih Fungsi Gedung Akuntan Jadi Masjid di London. Foto: Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Warga Protes Alih Fungsi Gedung Akuntan Jadi Masjid di London. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Warga London Barat keberatan dengan rencana alih fungsi sebuah kantor akuntan di kota itu menjadi masjid. Lebih dari seratus warga menyayangkan proposal alih fungsi bangunan itu yang rencananya akan ditinjau oleh dewan perencana pekan depan.

Dalam proposal itu, pemohon ingin mengalih fungsikan gedung akuntan sewaan di jalan Kingsbury, Brent, London Barat, Inggris menjadi tempat ibadah bagi umat Islam setempat yang juga sekaligus akan menjadi balai komunitas. Dewan perencanaan Brent telah merekomendasikan rencana alih fungsi bangunan itu untuk disetujui meskipun terdapat 125 keberatan.

Baca Juga

Warga yang keberatan mengatakan bahwa tak ada lahan parkir yang cukup bagi jamaah. Bahkan warga menilai keberadaan masjid akan berdampak pada meningkatnya lalu lintas di daerah itu dan berdampak buruk pada bisnis lokal. Warga juga menilai lokasi yang dipilih tidak cocok untuk masjid.

“Ini ide yang konyol. Ruangnya kecil. Saya yakin menjejalkan banyak orang ke dalam ruang sekecil itu memiliki implikasi kesehatan dan keselamatan. Saya sangat prihatin dengan lalu lintas di dalam dan sekitar rumah saya terutama pada hari Jumat sore. Saya tidak menentang tempat ibadah baru tetapi perlu lebih dipikirkan. Ada banyak tempat komersial dan gudang yang kosong," kata seorang warga yang menolak alih fungsi bangunan akuntan menjadi masjid seperti dilansir MyLondon pada Jumat (3/2/2023).

 

Gedung akuntan itu memiliki ruang parkir hingga enam mobil, dan rencananya akan ada satu ruang tambahan yang dibuat. Dewan telah mengkonfirmasi bahwa ruang sholat akan dapat menampung hingga 40 jamaah sekaligus, ditambah Imam.

Sementara beberapa warga mendukung rencana alih fungsi bangunan itu menjadi masjid. Mereka menyarankan daerah tersebut membutuhkan masjid untuk dihadiri anggota masyarakat setempat, serta memberikan dorongan bagi bisnis lokal.

“Saya datang ke Kingsbury untuk bekerja setiap hari, saya pikir akan sangat bagus jika pusat komunitas Islam lokal tersedia untuk orang-orang seperti saya untuk pergi dan beribadah. Ini juga akan brilian untuk komunitas lokal," kata seorang Muslim setempat.

“Ini akan menjadi kesempatan cemerlang bagi penduduk setempat untuk pergi dan sholat, saya adalah penjaga toko lokal dan saya serta staf saat ini bepergian ke masjid lokal. Bagi kami, ini akan sangat bagus. Juga akan bagus untuk bisnis lokal karena akan mendatangkan lebih banyak pelanggan," kata warga lainnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement