Rabu 01 Feb 2023 19:03 WIB

Dewan Masjid Sulteng Studi Banding Pengelolaan Masjid di Arab Saudi

Memakmurkan dan dimakmurkan masjid erat dengan manajemen pengembangan.

 Seseorang berdiri di dekat sepatu berserakan di lokasi kejadian sehari setelah ledakan bom bunuh diri di sebuah Masjid di Garis Polisi, di Peshawar, provinsi KPK, Pakistan, Selasa (31/1/2023). Korban tewas akibat bom bunuh diri tersebut telah mencapai 92, kata polisi pada 31 Januari .
Foto: EPA-EFE/ARSHAD ARBAB
Seseorang berdiri di dekat sepatu berserakan di lokasi kejadian sehari setelah ledakan bom bunuh diri di sebuah Masjid di Garis Polisi, di Peshawar, provinsi KPK, Pakistan, Selasa (31/1/2023). Korban tewas akibat bom bunuh diri tersebut telah mencapai 92, kata polisi pada 31 Januari .

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pimpinan Wilayah (PW) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan studi banding di Arab Saudi terkait dengan pengelolaan dan pengembangan fungsi masjid.

"Studibanding ini akan berlangsung di Kota Madinah, Makkah dan Jeddah," kata Sekretaris Umum PW DMI Provinsi Sulawesi Tengah Muchtar Ibnu Masud, di Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga

Ia menjelaskanstudibanding ini penting dilakukan, sebagai bentuk upaya optimalisasi implementasi visi memakmurkan dan dimakmurkan masjid yang diusung DMI.

PW DMI Sulteng memandang memakmurkan dan dimakmurkan masjid erat dengan manajemen pengembangan fungsi masjid, penguatan kelembagaan dan pengurus masjid.

 

Oleh karena itu, katanya, PW DMI Sulteng perlu mempelajari strategi pengelolaan dan pengembangan fungsi masjid di tiga kota tersebut di Arab Saudi, yang kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk program strategis di tingkat DMI di Sulteng.

Studi banding tersebut melibatkan beberapa pengurus PW DMI Sulteng dari berbagai biro di antaranya biro pemberdayaan ekonomi, pendidikan, keorganisasian dan pengembangan lembaga, serta biro dakwah.

"Para pengurus ini akan silaturahim dan bertukar informasi dengan tokoh agama dan pengurus masjid di Jeddah, Madinah dan Makkah, sekaligus melaksanakan ibadah di tiga kota tersebut," katanya.

Ia menambahkan rombongan PW DMI Sulteng dalam studibanding pengelolaan dan pengembangan fungsi masjid di Arab Saudi dipimpin langsung oleh KH Wildan Abd Malik yang merupakan alumni Universitas Islam Madinah.

Saat ini rombongan PW DMI Sulteng telah tiba di Tangerang, Banten, dan akan melanjutkan perjalanan ke Jeddah, Arab Saudi, melalui Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pada Kamis (2/2).

Terkait hal itu Ketua Rombongan Studi Banding PW DMI Sulteng Wildan Abd Malik menjelaskan bahwa rombongan akan mengunjungi beberapa masjid dan berdialog dengan pengurus masjid di Jeddah, Madinah dan Makkah.

Silaturahim DMI

Di samping itu, rombongan PW DMI Sulteng akan bersilaturahim dengan Syeh Yahya Ibrahim Alyahya, yang merupakan salah satu tokoh di Madinah sekaligus Pendiri Yayasan Mustauda Almadinah Alkhairiyah.

"Syeh Yahya selain sebagai akademisi atau intelektual Muslim, beliau juga pemerhati sosial yang berperan lewat pengembangan fungsi masjid. Yayasan yang beliau dirikan juga bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan sosial dan pengelolaan masjid," katanya.

Kemudian, di Makkah, rombongan akan bersilaturahim dengan Isa Almasmali yang merupakan pengurus masjid di Mekkah, sekaligus Dekan Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Ummul Quro Mekkah.

"Di Jeddah, pengurus bersilaturahim dengan Abu Naffal Husam Alqohthony yang merupakan seorang pengusaha, yang berkaitan dengan pengembangan fungsi masjid sebagai pusat pemberdayaan ekonomi umat," demikian Wildan Abd Malik.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement