Senin 01 Jul 2024 05:20 WIB

Pentingnya Ketepatan Waktu dalam Ibadah: Jadwal Sholat Hari Ini di Jakarta

Sholat merupakan salah satu rukun Islam.

 Sholat merupakan salah satu rukun Islam. Foto: Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Sholat merupakan salah satu rukun Islam. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang menjadi kewajiban bagi setiap Muslim. Kewajiban ini mencerminkan komitmen seorang Muslim dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mendisiplinkan diri dalam kehidupan sehari-hari. Dalam QS. Al-Baqarah ayat 45-46, Allah SWT berfirman:

"Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) mereka yang yakin bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."

Baca Juga

Pentingnya menjalankan sholat pada waktunya tidak dapat diabaikan. Selain sebagai bukti ketaatan, sholat pada waktu-waktu yang telah ditentukan juga membawa keberkahan dan ketenangan dalam kehidupan seorang Muslim. Berikut ini adalah jadwal sholat untuk tanggal 01 Juli 2024 di Jakarta, yang harus diperhatikan agar tidak terlewatkan:

- Shubuh: 04:42 WIB

- Dhuhur: 12:00 WIB

- Ashar: 15:21 WIB

- Maghrib: 17:53 WIB

- Isya: 19:06 WIB

Dengan mengetahui jadwal sholat yang tepat, seorang Muslim dapat merencanakan aktivitas hariannya tanpa mengurangi kekhusyukan dalam menjalankan ibadah. Sholat yang dijalankan tepat waktu menjadi salah satu upaya untuk tetap berkomitmen pada ajaran Islam serta memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Memahami kedudukan sholat dalam kehidupan, seorang Muslim diharapkan mampu memprioritaskan ibadah ini di tengah berbagai aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Sholat bukan hanya sekedar rutinitas, melainkan sarana komunikasi langsung antara hamba dengan Allah SWT. Kualitas kehidupan spiritual seseorang juga tercermin dari konsistensinya dalam menjalankan sholat tepat waktu.

Mengatur waktu sholat di tengah kesibukan bukanlah hal yang mudah, namun dengan niat yang kuat dan pengaturan waktu yang baik, seorang Muslim akan mampu melakukannya. Adzan yang berkumandang setiap waktu sholat adalah panggilan istimewa yang hendaknya segera dipenuhi tanpa menunda-nunda.

Marilah kita senantiasa memperbaiki diri dalam menunaikan sholat dan selalu ingat untuk menjalankannya tepat waktu. Semoga kita semua diberi kemudahan dan kekuatan dalam menjaga konsistensi ibadah kita sehari-hari.

Artikel ini dibuat untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjalankan sholat tepat waktu dan sebagai panduan jadwal sholat untuk tanggal 01 Juli 2024 di Jakarta. Setiap detik adalah pemberian dari Allah SWT, dan menjalankan ibadah dengan baik adalah bentuk syukur terbaik yang dapat kita persembahkan.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement