Sabtu 31 Dec 2022 15:41 WIB

Pele dan Lawatannya di Timur Tengah

Pele mengunjungi Lebanon hanya beberapa hari sebelum perang saudara pada 1975.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
Legenda sepak bola Brasil Pele, yang bernama lahir Edson Arantes do Nascimento, bercanda dengan fotografer sebelum pertandingan antara tim Swiss Servette FC dan BSC Young Boys, di Stadion Jenewa, Jenewa, Swiss, 18 April 2004 (diterbitkan 30 Desember 2022). Menurut agennya, Pele yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, meninggal pada 28 Desember 2022 di usia 82 tahun. Pele dan Lawatannya di Timur Tengah
Foto:

Pada 1973, ikon Brasil dan tim Santos mengunjungi Mesir, di mana mereka memainkan laga persahabatan melawan Al-Ahly di Stadion Internasional Kairo. Pele mengatakan kepada wartawan di bandara Kairo dia akan mencetak dua gol, persis seperti yang dia lakukan saat menang 5-0 dengan nyaman.

"Pada tahun 1973 kami memulai satu tahun perjalanan lagi. Kami bermain di negara-negara Teluk Persia. Kami bermain di Mesir dan Sudan, di Afrika dan Eropa,” kenang Pele dalam otobiografinya.

Perjalanan ke Sudan menampilkan pertandingan melawan Al-Hilal di kota Omurdman, sementara kunjungan ke Teluk membawa pemain Brasil itu ke Bahrain, Qatar dan Uni Emirat Arab. Di Qatar, yang baru saja merdeka dari pemerintahan Inggris, Santos mengalahkan tim lokal Al-Ahli 3-0 di Stadion Doha yang berkapasitas 2.000 penonton.

Seminggu kemudian, tim Santos, yang menampilkan sesama pemenang Piala Dunia Carlos Alberto, Djalma Santos dan Clodoaldo, mengunjungi UEA yang juga baru merdeka. Mereka mengalahkan Al-Nasr 4-1 di Dubai, yang pertama dari banyak kunjungan Pele ke Emirates.

Hari-hari damai Lebanon sebelum perang

Setelah menghabiskan 18 tahun di Santos, Pele awalnya pensiun dari sepak bola klub pada 1974, tiga tahun setelah pensiun dari sepak bola internasional, tetapi dia tidak berhenti memainkan permainan yang indah. Pada April 1975, hanya beberapa hari sebelum dimulainya perang saudara selama 15 tahun, Pele melakukan perjalanan ke Lebanon sebagai bagian dari tur sepak bola internasional.

Legenda Brasil itu berpartisipasi dalam laga persahabatan antara tim Liga Utama Lebanon Nejmeh dan kumpulan pemain dari seluruh universitas berbahasa Prancis. Pele memulai pertandingan sebagai penjaga gawang sebelum bermain di lapangan dan membantu Nejmeh meraih kemenangan 2-0. Perjalanannya selama seminggu termasuk memberikan sesi pelatihan di American University of Beirut.

Beberapa hari setelah dia pergi, orang-orang bersenjata Falangis membunuh 30 pengungsi Palestina di sebuah bus di distrik Ain al-Rummaneh di Beirut, yang kemudian dikenal sebagai Sabtu Hitam. Tragedi ini memicu perang saudara yang akan menghancurkan negara itu hingga 1990.

photo
Layar raksasa mengumumkan kematian legenda sepak bola Pele sebelum pertandingan sepak bola Kejuaraan Inggris antara West Bromwich Albion dan Preston North End di The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Kamis 29 Desember 2022. Pelé, raja sepak bola Brasil yang memenangkan Rekor tiga Piala Dunia dan menjadi salah satu tokoh olahraga paling berwibawa abad lalu, meninggal di Sao Paulo pada Kamis, 29 Desember 2022. Dia berusia 82 tahun. - (Joe Giddens/PA via AP)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement