Jumat 23 Dec 2022 09:07 WIB

Dewan Kota Birmingham Ubah Pub Berusia Seabad Jadi Masjid

Rencana untuk mengubah pub terlantar menjadi sebuah masjid di Birmingham disetui.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Inggris (ilustrasi)
Foto: Google Street View
Masjid di Inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Sebuah bangunan pub atau kedai minuman yang telah berusia seabad di Birmingham, Inggris akan diubah menjadi masjid. Seperti dilansir birmingham live pada Jumat (23/12/2022) rencana untuk mengubah pub terlantar menjadi sebuah masjid di Birmingham telah disetujui dewan setempat.

Ialah Brookhill Tavern sebuah pub yang telah berusia seabad di Alum Rock, Birmingham. Bangunan ini akan diubah menjadi pusat keagamaan bagi umat Muslim setelah disetujui oleh Dewan Kota Birmingham. Pub ini terakhir beroperasi pada 2012. Pemiliknya kemudian meninggalkan pub itu yang sudah tua. Sejak saat itu tempat itu dibiarkan kosong terbengkalai.  

Baca Juga

Tempat itu akan dibuldoser dan diganti dengan masjid, ruang sholat pria dan wanita, ruang kantor, dapur, fasilitas makan, area cuci dengan fasilitas toilet dan unit hunian untuk imam masjid.

Rencana pembangunan masjid pun mendapat dukungan dan penolakan dari warga. Sebuah surat dukungan dari masyarakat setempat telah diterima. Mereka beralasan rencana mengubah tempat yang tadinya pub menjadi sebuah masjid akan membuat masyarakat hidup lebih aman. Namun demikian ada juga masyarakat yang melayangkan surat keberatan dengan pembangunan masjid di tempat itu. Mereka beralasan bahwa sudah ada sepuluh masjid di sekitarnya. 

Sementara itu proposal pembangunan masjid telah disahkan di Komite Perencanaan Dewan Birmingham pada Kamis (22/12/2022). Banyak anggota dewan setuju dan memuji desain modern masjid dan fasilitas parkir bawah tanah yang disediakan. 

"Saya telah melihat gambar-gambar bangunan dan saya pikir itu adalah bangunan yang sangat kontemporer dan saya pikir itu akan menguntungkan bangunan ini karena sudah lama terbengkalai. Saya pikir itu akan menjadi hal yang baik bagi masyarakat dan daerah itu. ini akan menjadi bonus tambahan untuk area tersebut terutama karena ada kebutuhan untuk itu," kata seorang anggota dewan Cllr Mumtaz Hussain.

Hussain mengatakan memang terdapat kekhawatiran mengenai parkir dan peningkatan jumlah kendaraan yang membuat semakin padat jalanan. Sementara itu selain menjadi masjid, bagian lain dari bangunan Brookhill Tavern juga untuk menjadi pusat komunitas yang telah diajukan dalam proposal terpisah. Anggota dewan juga memilih dengan suara bulat untuk meloloskan proposal ini.

Baca juga : New York Perluas Kebijakan Menu Halal di Sekolah

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement