Kamis 22 Dec 2022 09:30 WIB

Masjid di Birmingham Sediakan Ruang Hangat

Selama liburan musim dingin, warga dapat menggunakan layanan ruang hangat itu

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Masjid di Birmingham (ilustrasi)
Foto: Google Street View
Masjid di Birmingham (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BIRMINGHAM – Sebuah masjid di Birmingham Inggris yakni Masjid Smethwick Jamia Anwar Ul Uloom menyiapkan ruang hangat bagi warga sekitar yang sedang menghadapi musim dingin. Selama liburan musim dingin, warga dapat menggunakan layanan ruang hangat itu secara gratis. 

"Saat musim dingin datang dan tagihan meningkat, datang dan manfaatkan ruang hangat kami sebaik-baiknya. Ini adalah layanan gratis bagi masyarakat sehingga Anda dapat tetap hangat, menikmati minuman panas dan menyegarkan serta terhubung dengan orang lain," tulis Masjid Smethwick Jamia Anwar Ul Uloom di lamaan resmi Facebooknya seperti dilansir About Islam pada Kamis (22/12).

Baca Juga

Layanan ini adalah bagian dari program Warm Banks yang lebih besar oleh dewan Black Country. Pemimpin Dewan Kerrie Carmichael mengatakan layanan ruang hangat yang dijalankan Warm Banks sangat disambut baik oleh banyak orang. Sehingga mereka dapat melakukan kegiatan.

“Lebih dari 11.000 orang setiap minggu datang ke perpustakaan kami dan banyak dari mereka membutuhkan tempat yang hangat dan aman. Kami senang dapat menawarkan tempat untuk tetap hangat dan menikmati minuman panas setiap hari selama liburan Natal. Dan kami sangat beruntung di Sandwell memiliki komunitas yang luar biasa dan kelompok sukarela yang juga membuka Ruang Hangat mereka selama periode liburan," katanya.

Muslim Inggris biasanya melakukan upaya serupa untuk membantu para tunawisma selama musim dingin. Pada Januari 2021, beberapa organisasi Muslim di Birmingham memulai inisiatif program “Masjid Kami dengan Tunawisma” yanv bertujuan untuk membantu para tunawisma. Kelompok tersebut termasuk institut Al-Suffa dan yayasan Great Barr Muslim.

Masjid yang berbeda juga menyambut para tunawisma ke tempat penampungan mereka selama musim dingin. Misalnya, Masjid Jalur Hijau dan Pusat Komunitas ( GLMCC ) di Birmingham membuka pintunya untuk menampung para tunawisma pada 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement