Rabu 21 Dec 2022 09:18 WIB

BPKH melalui Baznas Salurkan Bantuan Ambulans untuk Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli

Sinergi antara BPKH dan Baznas kembali memberikan dampak positif bagi masyarakat

BPKH melalui melalui mitra Kemaslahatan Baznas menyalurkan bantuan pengadaan mobil ambulans untuk Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli Kabupaten Bantul.
Foto: Baznas
BPKH melalui melalui mitra Kemaslahatan Baznas menyalurkan bantuan pengadaan mobil ambulans untuk Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli Kabupaten Bantul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui mitra Kemaslahatan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan pengadaan mobil ambulans untuk Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli Kabupaten Bantul. Secara simbolis penyerahan bantuan diselenggarakan di Komplek Masjid Jami Al Munawarah Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (17/12/2022).

Acara penyerahan ini dihadiri Pimpinan Baznas RI Saidah Sakwan, Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah, Pembina Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, dan jajaran terkait.

Baca Juga

"Alhamdulillah, sinergi antara BPKH dan Baznas kembali memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Ambulans untuk Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli ini kami yakini dapat memudahkan mobilitas tenaga kesehatan untuk membantu akses kesehatan para mustahik. Semoga bantuan ini bisa digunakan untuk pelayanan masyarakat baik dalam membantu kesehatan atau saat bencana. Jadi saat ada bencana, teman-teman Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli punya klinik mobile yang bisa melayani para penyintas," ujar Saidah Sakwan.

Dia mengatakan Baznas dan BPKH memiliki tujuan yang sama dalam membantu sesama khususnya melalui Kegiatan Kemaslahatan BPKH ini agar dapat dirasakan manfaatnya untuk seluruh lapisan masyarakat di mana pun berada. "Untuk itu, Baznas RI terus berupaya hadir di tengah masyarakat melalui berbagai program yang digulirkan, termasuk bersinergi dengan BPKH sebagai mitra Kemaslahatan BPKH. Semoga BPKH dan Baznas dapat terus menjalin kerja sama untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Saidah. 

Fadlul Imansyah mengatakan sebagaimana mandat yang diberikan salah satu tujuan pengelolaan keuangan haji adalah untuk meningkatkan kemaslahatan umat. Akses kesehatan mustahik menjadi perhatian BPKH, terlebih di masa pandemi yang belum sepenuhnya tuntas serta di saat bencana melanda.

"Kami dari BPKH pada prinsipnya membutuhkan mitra-mitra strategis seperti Baznas untuk membantu mendistribusikan dana kemaslahatan hasil dari dana abadi umat yang kami kelola saat ini. Jadi tujuan dari dukungan bantuan ini untuk bisa memberikan dukungan kepada Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli melalui Baznas sebagai salah satu mitra Kemaslahatan,sehingga mudah-mudahan ambulans ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di sekitaran Kabupaten Bantul," katanya.

Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan. Menurutnya, mobil ambulans yang seperti klinik mini ini dapat dimanfaatkan dengan baik saat kondisi bencana atau darurat.

"Kami tentu sangat berterima kasih atas kerja sama dan bantuan dari BPKH melalui mitra Kemaslahatan Baznas. Selama ini kami bekerja melayani masyarakat terutama di wilayah bencana atau kondisi darurat dengan semampunya. Maka ketika mendapat tambahan amunisi berupa ambulans ini, kinerja kami akan lebih baik, efektif, dan tentu saja yang terpenting adalah umat akan terlayani," kata Alissa Wahid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement