Ahad 18 Dec 2022 13:56 WIB

Pengajian 1000 Hari Ibunda Presiden Jokowi Dihadiri Habib Luthfi Hingga Kapolri

Sejumlah tokoh nasional menghadiri pengajian 1000 ibunda Presiden Jokowi

Rep: C02/ Red: Nashih Nashrullah
 Ibunda Presiden Joko Widodo Sudjiatmi Notomihardjo (kanan kerudung pink). Sejumlah tokoh nasional menghadiri pengajian 1000 ibunda Presiden Jokowi
Foto: Republika/Rr Laeny Sulistyawati
Ibunda Presiden Joko Widodo Sudjiatmi Notomihardjo (kanan kerudung pink). Sejumlah tokoh nasional menghadiri pengajian 1000 ibunda Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Bertepatan dengan 1000 hari setelah meninggalnya ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo digelar pengajian di kediaman almarhumah, Sumber, Banjarsari, Kota Solo, Ahad (18/12/2022). 

Dari pantauan Republika.co.id, acara pengajian tersebut sudah dihadiri banyak tamu undangan dan juga tokoh masyarakat sejak pukul 08.29 WIB. 

Baca Juga

Di antaranya mulai dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, anggota DPR RI Eva Yuliana, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia sejak 2019 Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dan lain lain.  

Adik Presiden Jokowi, Titik Ritawati mengatakan bahwa pengajian atau yasinan yang digelar hari bertepatan dengan 1000 hari Almarhumah Sudjiatmi Notomihardjo. Dia juga menjelaskan bahwa sebelumnya tidak bisa dilangsungkan pengajian lantaran pandemi Covid-19. 

"Sudah dua tahun ya kita tidak bisa menyelenggarakan tahlilan hanya dihantarkan tetangga ke saudara-saudara. Karena pandemi sudah agak menurun jadi alhamdulillah bisa di selenggarakan," kata Titik, Ahad.  

Titik menjelaskan bahwa anak dari almarhumah hadir semua di acara pengajian yang berlangsung sekitar dua jam tersebut. "Iya Alhamdulillah tadi hadir semua anak-anaknya, ada Mas Jokowi, mas Gibran, para tetangga, saudara, undangan, semuanya," katanya. 

Titik menjelaskan bahwa dalam acara tersebut bahwa yang mengisi acara pembukaan sambutan adalah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman yang sekaligus adik ipar Jokowi. 

Menurut Titik dipilihnya Anwar karena paling tua dan paling senior di antara keluarga. "(yang disampaikan) terima kasih kepada undangan minta doanya selalu untuk almarhumah ibu itu saja," katanya. 

Sementara itu, Adik dari Iriana Jokowi Haryanto mengatakan bahwa acara pengajian berlangsung singkat. "Iya singkat Yasin tahlil doa, tidak ada apa-apa, tadi pak Jokowi juga hanya hadir saja," katanya. 

Selain itu, Haryanto juga menjelaskan bahwa mimik muka Jokowi sudah terlihat ikhlas melepaskan kepergian ibundanya. "Iya biasa aja endak ada (ekspresi mukanya terlihat sedih-red), ya sudah ikhlas," kata dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement