Senin 12 Dec 2022 09:31 WIB

Putra MBZ, Khaled bin Mohamed bin Zayed Kunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed

Putra MBZ mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed didampingi Presiden Jokowi.

Rep: Zahrotul Oktaviani, Dessy Suciati Saputri/ Red: Nashih Nashrullah
Putra MBZ mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed didampingi Presiden Jokowi
Foto: Dok Istimewa
Putra MBZ mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed didampingi Presiden Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA –  Anggota Dewan Eksekutif Abu Dhabi dan Ketua Kantor Eksekutif Abu Dhabi, Yang Mulia Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed, mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed di Surakarta, Solo, Indonesia. 

Kedatangan Sheikh Khalid MBZ ke Indonesia adalah untuk mewakili ayahnya menghadiri resepsi atau syukuran pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara resepsi pernikahan tersebut digelar di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta.

Baca Juga

Dalam kunjungan tersebut, Sheikh Khaled berkeliling masjid. Masjid tersebut baru-baru ini diresmikan Presiden Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, untuk menghormati almarhum Sheikh Zayed. 

Dilansir di WAM, Senin (12/12/2022), masjid ini berbagi elemen desain dengan Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi, dengan tambahan pengaruh tradisional Indonesia. 

 

Rumah ibadah tersebut dibangun menggunakan bahan-bahan lokal dengan luas 8.441 meter persegi. Ia diperkirakan dapat menampung 10 ribu jamaah, dengan memiliki 56 kubah dan empat menara, serta 32 kolom di area sholat utama.

Selain masjid, lahan seluas tiga hektare di Jawa Tengah ini juga menjadi tempat Islamic Center. Nantinya, lokasi tersebut akan dimanfaatkan untuk mengajarkan pentingnya moderasi beragama. 

Dikutip dari siaran pers Istana, saat tiba di Masjid Raya Sheikh Zayed, Sheikh Khalid MBZ langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo. Sheikh Khalid MBZ tampak didampingi oleh Menteri Energi Uni Emirat Arab, Suhail bin Mohammed Al Mazrouei.

Baca juga: Hidayah adalah Misteri, Dunia Clubbing Pintu Masuk Mualaf Ameena Bersyahadat 

Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. 

Kedatangan H H Sheikh Khaled bin Mohamed didampingi Menteri Energi dan Infrastruktur Suhail bin Mohammed Al Mazrouei, Duta Besar UEA untuk Indonesia Abdullah Salem Al Dhaheri, serta sejumlah pejabat senior. 

Jokowi dan Sheikh Khalid MBZ kemudian masuk ke dalam masjid dan melihat arsitektur serta desain interior masjid tersebut. Keduanya juga tampak berbincang dengan hangat dan akrab hingga pertemuan keduanya selesai.

 

Sumber: wam  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement