Senin 12 Dec 2022 17:44 WIB

Islamnya Panglima Perang Persia Melihat Sosok Umar Bin Khattab

Panglima perang Persia masuk Islam karena takjub dengan Umar bin Khattab

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi panglima perang Persia. Panglima perang Persia masuk Islam karena takjub dengan Umar bin Khattab
Foto:

Sesampainya di Kota Nabi, Hormuzan ternyata diperlakukan secara terhormat. Bahkan, kepadanya disediakan pakaian dari sutra bertatahkan emas dan mahkota sebelum menghadap amirul mu`minin.

Sebab, memang demikianlah gaya busana para pembesar Persia umumnya, dan Muslimin pun membiarkannya mengikuti tradisi itu. Adapun Khalifah Umar berpakaian tak ubahnya rakyat biasa. 

Hormuzan gemetar ketakutan tatkala melihat Umar. Akan tetapi, sang khalifah kemudian membebaskannya. Bekas panglima Persia itu lantas menyatakan diri memeluk Islam. 

Sejak itu, ia tinggal di Madinah hingga akhir hayatnya. Kelak, Hormuzan menjadi korban pembunuhan yang dilakukan Ubaidillah.

Putra Umar bin Khattab itu gelap mata sehingga menghabisi beberapa pendatang Madinah, termasuk Hormuzan, yang ditudingnya berkomplot untuk membunuh ayahnya. 

Hormuzan sudah ditawan dan bahkan menjadi Muslim. Bukannya mereda, Persia justru terus merongrong kedamaian Muslimin di perbatasan Irak. 

Umar kemudian merestui pembentukan ekspedisi militer di bawah pimpinan Nu'man bin Muqarrin. 

Kedua belah pihak lantas bertemu di Nahavanddekat Kota Hamadan, Iran. Perang pada 642 M itu dimenangkan Muslimin meskipun yang syahid cukup banyak, termasuk Nu'man sendiri. 

Baca juga: Hidayah adalah Misteri, Dunia Clubbing Pintu Masuk Mualaf Ameena Bersyahadat

Para ahli sejarah menjuluki Pertempuran Nahavand sebagai kemenangan dari segala kemenangan. 

Sebab, perang tersebut membuka jalan bagi penaklukan Islam atas seluruh Persia nantinya. Sejak saat itu, militer para kaisar Majusi menjadi lemah sama sekali. 

Terlebih lagi, kebanyakan pemimpinnya terlalu sibuk berkonflik satu sama lain demi memperebutkan takhta. Maka, nyatalah doa yang telah dipanjatkan Rasulullah SAW. 

 

Dengan izin Allah SWT, Muslimin menghancurkan Imperium Persia, sebagaimana Khosrow dahulu merobek-robek surat Nabi SAW.     

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement