Jumat 09 Dec 2022 12:27 WIB

MUI Kecam Aksi Pengrusakan Alquran di Masjid Swedia

Masjid Stockholm terus mengalami serangan islamofobia.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Pintu Masjid Stockholm dicoret lambang Nazi. MUI Kecam Aksi Pengrusakan Alquran di Masjid Swedia
Foto:

Pada awal Desember ini dilaporkan Alquran yang hancur ditinggalkan di dekat pintu masuk masjid di Stockholm, Jumat (2/12/2022). Gambar yang dibagikan oleh Masjid Stockholm menunjukkan kitab suci umat Islam yang rusak dirantai dan digantung di pagar besi di luar masjid.

Dalam sebuah pernyataan, pihak masjid mengatakan mereka dan jamaahnya telah sering menerima ancaman seperti itu. Masjid tersebut telah mengalami serangan Islamofobia sebelumnya, seperti grafiti anti-Islam dan tulisan yang dilukis di pintunya

Pihak masjid menyebut insiden vandalisme telah berulang kali terjadi di masjid Stockholm. Seringnya, gambar vandalisme yang ditorehkan adalah logo swastika Nazi.

Kejadian ini tercatat terjadi dua kali pada 2022, yaitu pada Januari dan Maret. Dalam sebuah pernyataan, pengurus masjid mengatakan simbol swastika besar diukir menggunakan tinta semprot di pintu masjid.

Manajemen pun mengutuk keras insiden tersebut. Kala itu, mereka mengatakan masjid telah menghadapi serangan rasis seperti itu selama bertahun-tahun.

“Anggota masjid kami dan komunitas sangat terganggu oleh serangan semacam itu. Sayangnya, meskipun banyak serangan rasis, pemerintah tidak dapat berbuat apa-apa terhadap Islamofobia dan ujaran kebencian,” kata mereka.

 

Menurut televisi pemerintah Swedia SVT, sebanyak 22 serangan rasialis tercatat di masjid Stockholm pada 2017. Di tahun berikutnya, 23 serangan lain tercatat sejak awal tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement