Kamis 10 Nov 2022 00:05 WIB

Muslimah Paling Terdampak Undang-Undang Sekularisme di Quebec

Wanita Muslim kehilangan pekerjaan karena kebijakan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Alysa Yakoob, Muslimah Kanada yang berprofesi sebagai guru. Muslimah Paling Terdampak Undang-Undang Sekularisme di Quebec
Foto:

Penelitian baru menunjukkan RUU 21 memiliki dampak menghancurkan pada minoritas agama di Quebec. Di pusat layanan sekolah berbahasa Prancis terbesar di provinsi tersebut, Centre de services scolaire de Montréal, Ravon mencatat bahwa direktur sumber daya manusia tidak dapat memberikan jumlah pasti orang yang kehilangan pekerjaan, selain mengatakan 100 per persen kasus disebabkan karena jilbab.

Ravon mengatakan dia tidak dapat menemukan contoh siapa pun di organisasi mana pun di seluruh provinsi yang kehilangan pekerjaan karena RUU 21 selain wanita Muslim. "Siapa yang kehilangan pekerjaan karena RUU 21? Simbol apa yang menarik perhatian negatif? Jilbab, setiap saat," kata Ravon.

Ravon mengatakan jelas melalui pernyataan dari pemerintah CAQ tentang kesetaraan gender bahwa RUU 21 sebagian besar dirancang untuk menargetkan jilbab dan bahwa hakim pengadilan asli menerima argumen ini.

Julius Grey, pengacara yang mewakili Jaringan Kelompok Komunitas Quebec dan Komisi Hak Asasi Manusia Kanada, setuju. "Pusat undang-undang ini, permata di mahkota bagi pemerintah, adalah jilbab," kata Gray di pengadilan.

Gray dan Ravon, bersama dengan pengacara untuk kelompok wanita terkemuka, Fédération des Femmes du Québec, berpendapat RUU 21 harus dibatalkan karena jelas mendiskriminasi berdasarkan gender dan bahwa jaminan kesetaraan gender tidak dapat dibatalkan dengan cara apa pun.

Pemerintah berpendapat hukum tidak mendiskriminasi berdasarkan gender. Pengacara jaksa agung Quebec mengatakan posisinya adalah hak atas kesetaraan gender adalah "jaminan umum" yang tidak harus dilindungi agar tidak dikesampingkan oleh klausul yang terlepas.

Amélie Pelletier-Desrosiers juga mencatat bahwa sebagian besar guru adalah perempuan, sehingga tidak perlu diskriminatif jika RUU 21 lebih banyak mempengaruhi perempuan daripada laki-laki dalam profesi guru. Dia berpendapat bahwa setiap aturan atau kode etik yang melibatkan guru akan secara tidak proporsional mempengaruhi perempuan.

Christiane Pelchat, pengacara untuk kelompok feminis lainnya, Droits des femmes du Québec, berpendapat bahwa alih-alih mendiskriminasi berdasarkan gender, RUU 21 sebenarnya merupakan perlindungan terhadap diskriminasi semacam itu.

"Negara tidak dapat mengasosiasikan dirinya dengan agama yang menyarankan seorang wanita tidak dapat tampil di depan umum tanpa ditutupi dengan cara tertentu," kata Pelchat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement