Jumat 28 Oct 2022 15:44 WIB

Masjid KH Hisyam UHAMKA Diresmikan

Masjid ini berada di lingkungan Pascasarjana UHAMKA.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (UHAMKA) meresmikan Masjid KH. Hisyam pada Jumat (28/10). Secara simbolis peresmian Masjid KH. Hisyam dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr. Haedar Nashir dan rektor UHAMKA Prof. Dr. Gunawan Suryoputro di Aula Ahmad Dahlan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (FKIP UHAMKA).

Masjid KH. Hisyam berlokasi di Jalan Warung Jati Barat Blok Darul Muslimin Nomor 17 RT 02 RW 05 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. Masjid ini berada di lingkungan Pascasarjana UHAMKA. Prof Gunawan mengatakan dinamakan masjid KH. Hisyam untuk mengenang salah satu tokoh Muhammadiyah yakni KH Hisyam yang dikenal memiliki semangat dalam pengembangan dakwah dan pendidikan. 

Baca Juga

"Alhamdulillah masjid ini tidak hanya untuk memfasilitasi mahasiswa Pascasarjana yang berlokasi di Warung Buncit tapi juga bisa memfasilitasi para jamaah di sekitar perkantoran tersebut," kata Prof Gunawan.

Masjid KH. Hisyam memiliki kapasitas sebanyak 150 jamaah. Area sholat Masjid KH. Hisyam seluas 157.50 meter persegi sedangkan luas teras masjid 29.40 meter persegi. Masjid ini juga dilengkapi dengan ruang kontrol, ruang panel, pendingin ruangan dan kamera pengawas.

Sementara itu Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi diresmikannya Masjid KH. Hisyam. Ia juga memuji berbagai capaian UHAMKA yang telah meraih status akreditasi Institusi Unggul. Bersamaan dengan peresmian Masjid KH. Hisyam, Haedar Nashir meluncurkan buku Islam Syariat : Reproduksi Salafiyah Ideologis Di Indonesia yang diterbitkan oleh Penerbit Suara Muhammadiyah. Dalam acara yang sama juga diresmikan juga Klinik Pratama UHAMKA. Selain itu PP Muhammadiyah dan UHAMKA juga merilis lagu Sang Surya versi Bahasa Jepang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement