Selasa 25 Oct 2022 12:01 WIB

Dewan Sesepuh Muslim Gelar Seminar Perangi Rasialisme di Frankfurt Book Fair

Praktik rasialisme telah meningkat selama sepuluh tahun terakhir.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Dewan Sesepuh Muslim Gelar Seminar Perangi Rasialisme di Frankfurt Book Fair
Foto: Daily Sabah
Dewan Sesepuh Muslim Gelar Seminar Perangi Rasialisme di Frankfurt Book Fair

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Dewan Sesepuh Muslim kembali mengikuti kegiatan Frankfurt Book Fair 2022. Di tahun ini, mereka pun menyelenggarakan seminar di lokasi stannya dengan tujuan melawan rasialisme.

Bertajuk "Melawan Rasialisme - Pandangan Lebih Dalam", seminar ini diselenggarakan oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pusat Muslim di Jerman Abdul Samad Al Yazidi, serta Direktur Forum Abraham di Jerman Jürgen Miksch.

Baca Juga

Seminar tersebut berupaya mengeksplorasi peran berbagai institusi Jerman dalam melawan ujaran kebencian, rasialisme, dan xenofobia, khususnya terhadap umat Islam. Di dalamnya juga dilakukan peninjauan statistik dari beberapa kota di Jerman, yang menyaksikan tindakan rasialisme, dengan hasil yang sebagian besar beragam dan berbeda antar kota.

Miksch mengatakan, praktik rasialis telah meningkat selama sepuluh tahun terakhir. Utamanya hal ini seiring dengan meningkatnya sudut pandang dan ideologi rasialis, terutama yang dikaitkan dengan sayap kanan.

Ia menyebut peningkatan serangan terhadap Muslim khususnya, memaksa organisasi Islam dan sipil meningkatkan dukungan bagi korban serangan tersebut, sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap ideologi ekstremis dan dampak negatifnya terhadap masyarakat.

Dilansir di WAM, Selasa (25/10/2022), upaya-upaya tersebut juga sebagian besar telah dicapai melalui lokakarya dan seminar yang berkelanjutan, serta mendorong kelompok media untuk mengadopsi pendekatan positif terhadap rasialisme.

Sekretaris Jenderal Dewan Pusat Muslim di Jerman Al Yazidi lantas merujuk pada dampak positif beberapa ormas Islam di Jerman dalam mendukung korban serangan rasialis. Demikian pula ia menunjuk inisiatif seperti "Masjid Terbuka" yang dimulai oleh Dewan Pusat Muslim di Jerman. Inisiatif ini mendorong masjid untuk membuka pintu mereka untuk umum pada 3 Oktober setiap tahun, sebagai perayaan persatuan Jerman.

Ini adalah partisipasi keempat dewan di Frankfurt Book Fair, yang berlangsung dari 19 hingga 23 Oktober 2022. Partisipasi tersebut merupakan bagian dari visi Imam Besar Al-Azhar dan Ketua Muslim Dewan Sesepuh, Yang Mulia Ahmed el-Tayeb, dalam mempromosikan dialog dan menyebarkan toleransi dan perdamaian secara global.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement