Sabtu 08 Oct 2022 05:19 WIB

Dihadapkan 2 Pilihan Agama Besar, Mualaf Anita Yuanita Lebih Memilih Islam

Mualaf Anita Yuanita menemukan kenyaman dalam agama Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Anita Yuanita. Mualaf Anita Yuanita menemukan kenyaman dalam agama Islam
Foto:

Sebelum bersyahadat, Anita yang kini telah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jawa Timur, menceritakan niatnya untuk memeluk Islam kepada orang tuanya. 

Setelah menjelaskan niat dan alasan dia memeluk Islam, kedua orang tuanya pun merestui keinginannya. 

Satu pesan orang tua kepada dirinya bahwa Anita harus bertanggung jawab atas pilihannya tersebut. Termasuk menjalankan kewajiban sebagau seorang Muslim sepenuhnya.  

Anita pun mencertiakan bahwa ayahnya bukanlah seorang yang fanatik agama. Apalagi di keluarganya tidak hanya satu agama saja dan mereka hidup dengan rukun.  

“Yang paling pemting adalah ketika ada acara keluarga saya harus menghargai perbedaan yang ada,"ujar dia. 

Meski Anita tidak mengetahui secara mendalam tentang Islam, dia akan berusaha untuk terus mendalaminya. Sebelum bersyahadat dia hanya mengetahui seputar kisah Nabi Muhammad SAW dan rukun Islam saja.  

Dia menjelaskan rukun Islam itu ada lima  yakni sebagai umat Islam harus menjalankan syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. 

Dan untuk rukun Islam pertama, yakni mengucapkan syahadat Anita dibimbing langsung oleh pimpinan Mualaf Center Aya Sofia Ustaz Ipung Atria, Juli 2021 di kantor  MCN Aya Sofya di Malang.  

"Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah," syahadat pertama Anita.  

Usai bersyahadat Anita pun dianjurkan agar keIslamannya diketahui masyarakat dan diakui pemerintah, hingga dapat dicantumkan dalam identitas diri, maka dia pun bersyahadat di depan ulama dan saksi untuk mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti. 

Hal tersebut juga bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan seputar hak beragama bagi warga negara di Indonesia.  

 

Anita yang kini sebagai seorang muslimah diharapkan dapat menjadi muslimah yang bisa menjadi contoh dan merepresentasikan umat Islam. Karena kebanyakan orang pasti memandang bahwa akhlak atau tingkah laku dalam diri umat Islam itu mewakili agama Islam.      

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement